1.032 Personil Satgas PAM Siap Amankan Pemilu Serentak

WartaSultraID—Sebanyak 1.032 personil Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan (PAM) Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019 dipersiapkan. Persiapan personil ini ditandai dengan digelarnya apel gelar pasukan satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Lapangan Sepak Bola Nur Latamoro Rate-Rate, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Jumat (12/4/2019).

1.032 persinil pengamanan Pemilu tersebut terbagi dari tiga unsur personil, diantaranya Linmas sebanyak 796, Polisi Republik Indonesia (Polri) 191 dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) 45 personil yang akan terbagi di 398 tempat pemungutan suara (TPS) se-Koltim.

Apel gelar pasukan Linmas ini dihadiri oleh, Kapolres Kolaka, AKBP Bambang Sastriawan, Dandim 1412/Kolaka, Letkol Kav Amran Wahid, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Koltim dan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Koltim, serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Koltim.

Bupati Koltim, Drs. Tony Herbiansyah dalam sabutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Setda) Koltim, Ir. Eko Santoso Budiarto MSi, menyampikan agar dalam menjalankan tugas sebagai PAM Pemilu nanti, kiranya personil Linmas harus betul-betul profesionel saat bekerja dan terus berkoordinasi dengan personil pengamanan dari TNI-Polri agar tercipta pengamanan Pmilu lintas sektoral yang baik.

“Linmas merupakan bagian penting dalam pengaman Pemilu, pengabdian dan loyalitas mereka selama ini, sangat diapresiasi pemerintah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu, proses penyelenggaraan Pemilu ini tidak hanya melibatkan pengamanan dari unsur TNI-Polri, melainkan seluruh masyarakat termasuk Linmas ini yang berjumlah 796 personil,” ujar Setda Koltim.

Sementara itu, Kapolres Kolaka memberikan arahan kepada personil PAM yang akan melaksanakan pengamanan di TPS. Kata AKBP Bambang Sastriawan, segenap personil Linmas yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan agar melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab serta selalu berkoordinasi dengan personil TNI-Polri yang juga melaksanakan pengamanan yang sama di TPS.

‚ÄúPersonil Linmas yang melaksanakan pengamanan harus selalu berkoordinasi dengan personil TNI-Polri yang juga bertugas melaksanakan pengamanan di TPS agar fungi pengamanan lintas personil terbangun dengan baik,” jelas Kapolres Kolaka.

Dandim 1412/Kolaka juga memberikan semangat kepada personil pengamanan Pemilu yang akan dilaksanakan kurang dari lima hari lagi. Ia mengatakan bahwa personil harus bekerja keras demi terlaksananya pemilu yang aman dan damai.

“Ingat, personil pengamanan itu tidak boleh banyak tidur, pengamanan harus berpatroli memantau pergerakan yang mungkin saja dapat menimbulkan kegaduhan. Untuk itu, semua pengamanan baik TNI-Polri dan Linmas untuk selalu berkoordinasi di tiap wilayah tugasnya,” tuturnya. (*WS)