130 Desa di Konawe Segera Melaksanakan Pilkades

WartaSultraID—Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) rencannya akan digelar pada Oktober 2019. Sebanyak 130 desa akan melangsungkan pemilihan serentak.

Sebelum tahapan pelaksanaan dimulai, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe, hingga kini masih dalam penyelesain perampungan Surat Keputusuan (SK) pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai tim teknis yang akan melaksanakan pembentukan panitia Pilkades.

“Baru-baru ini, pemilihan BPD itu hampir semua kecamatan dilaksanakan. Setelah selesai pemilihan BPD, kita tinggal kumpulkan SK-nya. Karena nanti mereka yang akan membentuk panitia pemilihan desa,” ujar Keni Yuda Permana selaku Kepala DPMD Konawe, Selasa (9/7/2019).

Terkait anggaran, lanjut Keni Yuda Permana, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe yang akan menyiapkan anggarannya. Mulai dari tahap pendaftaran calon hingga pelaksanaan pemilihan, jika diestimasikan anggaran per desa mencapai lima juta rupiah. Angka ini dimungkinkan naik pada Pilkades kali ini.

“Aturannya daerah yang akan membiayai Pilkades ini. Kalau kita berpatokan pada referensi Pilkades 2016 lalu, per desa akan ditransferkan sebesar lima juta. Itu sudah termaksud biaya konsumsi, cetak lembar suara dan ATK-nya,” terang Keni Yuda Permana .

Sementara desa yang akan melaksanakan Pildes, sambungnya, DPMD akan menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Konawe sebagai pelaksana desa sementara. Hal ini demi berjalannya efektivitas pemerintah desa selama pelaksanaan Pilkades.

“Agar pemerintah desa ini tetap terselenggara, maka DPMD menyiapkan ASN lingkup Konawe sebanyak 130 orang yang bertugas sebagai pelaksana desa sementara,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.