Ali Mazi Berhalangan Hadir, Kery Konggoasa Ambil Alih Pimpin HUT Konawe ke-59

WartaSultraID—Upacara pembukaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke- 59 rencananya akan dipimpin langsung oleh Gunernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi. Namun saat upacara berlangsung, Ali Mazi tak nampak, informasi yang dihimpun Warta Sultra, Gubernur Sultra ada agenda lain yaitu menerima kunjungn kerja salah satu menteri Kabinet Kerja di Kendari, sehingga tidak menghadiri upacara pembukaan HUT Konawe.

Berita Terkait: Acara Mosehe Wonua Mengawali Upacara Pembukaan HUT Konawe ke-59

Pantauan Warta Sultra, mengawali upacara pembukaan HUT Konawe ke-59, pada pukul 7.30 WITA, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menggelar upacara adat ‘Mosehe Wonua’ di Makam Raja Lakidende. Setelah itu dilanjutkan dengan agenda rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe.

Usai rapat paripurna di DPRD, rencananya menunggu kedatangan Gubernur Sultra, namun jadwal kehadiran Gubernur Sultra di Konawe berubah, bisa hadir pada sore hari, mendengar informasi tersebut Bupati Konawe Kery langsung berkesimpulan untuk menjadi pemimpin upacara yang berlangsung di pelataran kantor Bupati Konawe.

Berita Terkait: Tari Modinggu Meriahkan Upacara Pembukaan HUT Konawe ke-59

Akibat tidak hadirnya Gubernur Sultra, panitia HUT Konawe tidak lagi menampilkan atraksi seni beladiri Tamalaki Konawe, padahal sebelumnya persembahan tersebut dipersiapkan untuk menyambut kedatangan Gubernur Sultra.

Upacara HUT Konawe ke 59 berlangsung dengan hikmat, naskah sambutan Gubernur Sultra dibaca oleh Bupati Konawe Kery Saipul Konggoasa, isi sambutan menjelaskan bahwa perayaan HUT Konawe merupakan momentum bagi seluruh jajaran pemerintah dan masyatakat Kabupaten Konawe untuk mengevaluasi kembali catatan-catatan perjalanan yang telah dilalui hinga saat ini.

Berita Terkait: Upacara Pembukaan HUT Konawe ke-59, Bupati Bantu Korban Bencana Kebakaran

Perlu diketahui bahwa daerah Konawe sesungguhnya telah berkontribusi positif bagi pembangunan di Provinsi Sultra, karena letaknya yang demikian strategis sekaligus menjadi urat nadi bagi aktifitas prekonomian masyarakat Sultra.

“Mari kita perhatikan lebih cermat Konawe ini memiliki letak geografis yang sangat penting, dimana daerah ini tepat berada di tengah-tengah daratan Sultra. Posisi yang demikian strategis ini ditopang dengan harapan kekayaan alam yang demikian kompleks serta ditunjang dengan masyarakat yang memiliki etos kerja yang tinggi,” jelas Kery dalam sambutannya di hadapan seluruh masyarakat Konawe yang hadir dalam acara pembukaan tersebut. Minggu (03/03/2019).

Upacara HUT Konawe mengangkat tema nuansa adat Suku Tolaki yang bertuliskan ‘To Besamaturu, Mbepokoaso, Rumorondoi Ronga Wangui Wonuando Lipu Wuta Konawe Menuju Konawe Gemilang’. Acara  juga dimeriahkan oleh beberapa persembahan, yaitu atraksi polisi cilik binaan Polres Konawe dan tari tradisional Modinggu yang melibatkan ratusan pelajar.

Nampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan sabara dan Ibu,  jajaran Forkopimda Provinsi Sultra, Ketua DPRD Konawe, Ardin, beserta Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Bupati Buton (diwakili), Kepala OPD lingkup Provinsi Sultra, Kepala OPD Kabupaten Konawe, serta camat, lurah, dan kepala desa lingkup pemerintah Kabupaten Konawe, tokoh agama, masyarakat, pemuda, dan tokoh adat se-Kabupaten Konawe. (*WS)