Anggota Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari Ikuti Seleksi Perkemahan Tri Matra

WartaSultraID—Pramuka salah satu organisasi kepemudaan yang mampu bertahan di segala jaman, Pramuka juga dinilai dapat menjadi benteng dalam mendidik dan membina generasi muda dengan jiwa tangguh, terampil, cerdas dan disiplin.

Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu satuan karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Di samping Saka Wira Kartika, Saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1417/Kendari, Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa Saka Wira Kartika Binaan Kodim 1417/Kendari berperan sebagai sarana pendidikan di luar sekolah yang saat ini mendidik 263 orang anggota pramuka dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK se-Kota Kendari.

“Kegiatan pramuka bukan hanya menerima materi atau isi pelajaran, melainkan juga memiliki kesempatan belajar menumbuhkan sikap-sikap dan perbuatan yang baik untuk membentuk karakter dan kekuatan jasmani,” tutur Dandim melalui pers rilis Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Senin (9/9/2019).

Kolonel Kav. Hendi menjelaskan bahwa kepramukaan memiliki berbagai aspek pembelajaran mulai dari segi spiritual, emosional, sosial, jasmani dan rohani, yang diperoleh dari beragam kegiatan. Pada setiap kegiatannya bisa dilakukan secara individu maupun kelompok, seperti dalam kegiatan perkemahan Pramuka.

“Pembinaan latihan Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari di bawah pembinaan staf teritorial yang rutin latihan setiap hari minggunya,” jelasnya.

Sementara itu, Kak F.I Marida salah satu instruktur mengatakan, latihan yang dikuti anggota Saka Wira Kartika di seleksi oleh instruktur dalam rangka mengikuti perkemahan Tri Matra yaitu angkatan darat, angkatan udara dan angkatan laut yang akan digelar di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

“Materi yang diujikan yaitu semua materi KRIDA dalam bentuk ujian tertulis dan praktek, nantinya anggota saka yang lulus seleksi akan mewakili Kodim 1417/Kendari dalam perkemahan tri Matra yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2019 mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur,” tutur Marida.

Kegiatan seleksi berlangsung di Aula Makodim 1417/Kendari yang dipimpin oleh Kak F.I Marida, Kak Wahyudi, Kak Irfan Jaya, Kak Nyoman S, dan Kak Abu Supryadi.

Pramuka menjadi organisasi kepemudaan untuk mencetak generasi yang cerdas, terampil dan berkarakter. Sebab, hanya kepada generasi mudalah negeri ini menggantungkan harapan akan kemajuannya di masa depan. Demikian Penerangan Kodim 1417/Kendari mengakhiri rilisnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.