Babinsa Asera Gencar Sosialisasikan Bahaya dan Dampak Karhutla

WartaSultraID—Komando Distrik Militer (Kodim) 1417/Kendari terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah binaannya masing-masing.

Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari, Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya karhutla khususnya di wilayah yang menjadi area Kodim 1417/Kendari.

Dandim 1417/Kendari mengungkapkan, melalui komunikasi sosial (komsos) yang dilakukan jajaran Koramil melalui Babinsa di lapangan, dinilai lebih efektif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Sementara itu, dalam laporannya, Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 08 Asera, Mayor Inf. Drs. Hilman Nur menyampaikan bahwa salah satu anggotanya, yaitu Babinsa Kelurahan Wungu, Sertu Ahiruddin yang melakukan sosialisasi kepada warga di Kelurahan Walasolo, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara tentang bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari karhutla.

“Ini sebagai bentuk antisipasi sekaligus himbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran hutan secara liar,” ujar Kol Kav. Hendi Suhendi melaluu pers rilis Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Rabu (4/9/2019).

Hal senada juga disampaikan Babinsa 08 Asera, Sertu Ahiruddin saat pemasangan spanduk himbauan jangan membakar hutan dan lahan. Ia mengungkapkan bahwa dirinya akan terus mengajak warga agar tidak lagi membakar hutan untuk membuka lahan.

“Instruksi dari komando atas tentang sosialisasi pencegahan kebakaran hutan akan terus dilakukan. Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan terlebih saat ini sudah masuk musim kemarau, pastinya akan sangat berbahaya,” tuturnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.