Bupati Koltim Pastikan 2020 Daerah Pelosok Teraliri Listrik

WartaSultraID—Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tersebar di Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi.

Lokasi peresmian PLTS yang berada di daerah pelosok Koltim ini disambut antusias warga setempat. Khususnya warga Desa Tongauna dan warga transmigrasi Unit Pemukiman Terpadu (UPT) Tongauna yang telah ditempatkan pemerintah pusat dan Koltim sejak 2016 hingga saat ini.

“Ini merupakan langkah awal Pemerintah Daerah Koltim untuk menerangi kawasan terpencil di Koltim. Dan hal ini bukti dari janji saya sebagai bupati,” kata Tony Herbiansyah saat bertemu warga Tongauna, Senin (4/11/2019).

Meski baru sebatas PLTS tersebar sambung Tony, janji yang sesungguhnya baru akan terealisasi pada 2020 mendatang, yakni memasukan jaringan listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) ke daerah pelosok Koltim agar masyarakat dapat menikmati listrik 24 jam penuh.

“Saat ini listrik milik PLN sudah masuk di Kecamatan Mowewe dan Tinodo sehingga saya pastikan 2020 listrik PLN ini sudah masuk ke Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi. Artinya, masyarakat yang saat ini masih mengandalkan tenaga surya akan beralih menggunakan listrik PLN 24 jam. Dan ini merupakan bukti dan kerja keras Pemerintah Koltim untuk memperjuangkan keinginan warganya agar terwujud khususnya yang berada di pelosok Koltim dalam hal penerangan,” jelas Tony Herbiansyah.

Selain itu, ia juga menyerahkan bantuan layanan wifi gratis untuk warga Ueesi. Bantuan ini diharapkan masyarakat yang berada di pelosok dapat dengan cepat mengetahui informasi yang berkembang sehingga tidak mudah terkena hoax (berita bohong).

“Kita juga memikirkan agar masyarakat kita tidak ketinggalan informasi yang berkembang dan tidak ketinggalan modernisasi. Sehingga pemerintah daerah bekerja sama dengan Kominfo pusat memberikan layanan internet gratis terpadu untuk masyarakat Ueesi. Layanan ini langsung dapat dinikmati masyarakat Ueesi,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.