Danramil Asera Ciptakan Suasana Keakraban dengan Warga Melalui Komsos

WartaSultraID—Komunikasi sosial (komsos) sebagai salah satu bentuk kegiatan apter dalam pembinaan wilayah yang sudah rutin dilaksanakan oleh Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam membangun komunikasi dengan pemerintah daerah guna menciptakan suasana keakraban.

Seperti halnya yang dilakukan Komandan Rayon Militer (Danramil) 1417-08/Asera, Mayor Inf. Drs. H. Hilmanur, MA melaksanakan komsos di kediaman Sudirman La Unju selaku Ketua Badan Pengawas Desa (BPD) Desa Pariama, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Jum’at 23 Agustus 2019.

Pada kesempatan tersebut Danramil 1417-08/Asera mengajak Ketua BPD berperan aktif dan bersama Babinsa untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan dengan peduli cepat lapor.

“Warga dan perangkat desa mempunyai peran atau andil dalam menciptakan keamanan dan ketentraman lingkungan,” ujar Danramil melalui pers rilis yang diterima Warta Sultra, Jumat (23/8/2019).

Sementara itu, Sudirman La Unju mengungkapkan bahwa kehadiran Babinsa di desa ibarat urat nadi dalam tubuh manusia, pemerintah desa dan masyarakatnya sangat terbantu dalam berbagai aspek.

“Seperti bencana banjir yang melanda Konut dan sekitarnya, Babinsa Koramil Asera bahu membahu membantu kami, walaupun kantor mereka juga terendam banjir,” jelas Sudirman La Unju.

Pasca banjir pun, lanjut Sudirman, Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak tinggal diam, operasi karya bakti pembenahan dan pembersihan sarana umum dan rumah warga mereka lakukan selama tiga pekan lebih.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak TNI-AD, terutama Babinsa Asera atas pengabdiannya yang tulus dalam membantu masyarakat,” tambahnya.

Dengan pemberian informasi kepada Danramil maupun Babinsa tentang situasi keadaan yang mungkin terjadi, baik kejadian dari alam maupun kejadian warga dapat cepat ditindaklanjuti. Sehingga tidak menimbulkan kerugian jiwa dan materi seperti bencana banjir yang melanda Konut lalu.

Untuk diketahui, kegiatan komsos yang dilakukan Danramil maupun Babinsa merupakan salah satu bentuk pelaksanaan metode Bimbingan Teritorial (Binter) TNI-AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI dan rakyat, sehingga ke depan akan mempermudah dalam melakukan koordinasi guna menangani permasalahan yang timbul di wilayah. (*WS)