Dansatgas TMMD 105 Berikan Wawasan Kebangsaan untuk Murid SMUN 1 Kulisusu

WartaSultraID—Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, Letkol Inf Febi Trinadoko, M.S.i (Han) memberikan materi wawasan kebangsaan kepada murid Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) 1 Kulisusu.

Letkol Inf. Febi Triandoko mengatakan bahwa kegiatan TMMD ke-105 ini merupakan program nasional, pelaksanaannya tidak hanya fisik, tapi kegiatan non fisik juga dilaksanakan seperti pemberian wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi ini.

“Kali ini kita jelaskan tentang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ada empat pilar kebangsaan yang mutlak harus diketahui dan dipahami oleh warga negara, yaitu terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” ujar Letkol Inf. Febi Trinadoko melalui pers rilis yang diterima Warta Sultra, Rabu (17/7/2019).

Ia katakan, bela negara bagi masyarakat tidak harus dengan mengangkat senjata, akan tetapi dengan berupaya menjaga keutuhan NKRI dan mengisi kemerdekaan ini dengan segala perbuatan yang positif.

Lebi lanjut ia menyampaikan, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, Pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup. UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, sehingga tugas sekarang adalah untuk mempertahankan kemerdekaan itu dari segala macam hal ancaman baik dalam maupun luar negeri.

“Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama di seluruh wilayah negara kita. NKRI harga mati untuk setiap rakyat Indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar,” paparnya.

Koamandan Kodim (Dandim) 1416/Muna ini berharap kepada murid SMUN 1 Kulisusu, setelah menerima wawasan kebangsaan, siswa dan siswi mengerti dan memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga tidak mudah terprofokasi oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang ingin memecah belah kesatuan dan persatuan NKRI. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.