Dengan Modal Seragam PNS, Aksi Pencuri Ini Berjalan Mulus Selama Dua Tahun

WartaSultraID—Jusman Habokalu (40) seorang warga Desa Lalongawuna, Kecamatan Tangawuna, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini harus meringkuk di balik jeruji besi karena diduga telah mencuri barang-barang elektronik milik masyarakat. 

Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Sultra, AKBP Harjoni Yamin saat menggelar konferensi pers di Polda Sultra pada Senin 18 Februari 2019 mengungkapkan bahwa dalam menjalankan aksinya pelaku menggunakan seragam dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pelaku keluar dari rumah sekitar pukul 06.30 WITA dan berkeliling ke kos-kosan mencari mangsa menggunakan sepeda motor. Setelah mendapat sasaran, pelaku memantau rumah kos yang menjadi targetnya. Saat itulah Jusman beraksi mengambil laptop dan handphone yang ada dalam kamar kos.

“Jusman berhasil ditangkap oleh Unit Crisis Response Team Ditreskrum Polda Sultra saat berada di rumahnya, Selasa 7 Februari 2019 sekitar pukul 10.00 WITA di Desa Lalongawuna, Kecamatan Tangawuna, Kabupaten Konawe,” ujarnya kepada para awak media, Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut AKBP Harjoni Yamin, mengatakan, Jusman ini telah melakukan aksinya sejak tahun 2017 di 100 lokasi di Sultra. Pada saat ditangkap polisi, ia mengaku sebagai pegawai di Dinas Pengairan Kabupaten Konawe dengan jabatan sebagai Kepala Bagian.

“Barang-barang curian yang telah ia dapatkan kemudian dibawa untuk dijual di Desa Lalongawuna, Kecamatan Tangawuna, Kabupaten Konawe,” terangnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh tim yakni satu buah handphone merek Nokia warna putih, tiga buah handphone merek Xiomi.

“Satu buah handphone merek Advan warna kuning, satu buah handphone merek Azuz warna putih, satu buah laptop merek Axioo warna hitam, satu unit motor Honda Beat warna biru putih dengan nomor DT 6823 E dan satu pasang baju PNS dengan nama Andi Jusman,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.