Desa Anggalosi Siapakan 230 Juta untuk Pembangunan Drainase Tahap Pertama

WartaSultraID—Pemerintah Desa Anggalosi, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, memanfaatkan dana desa (DD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk membangun drainase sepanjang 200 meter.

Pembangunan ini sesuai usulan masyarakat desa saat rapat pembentukan RPJM-Des tahun 2018. Yang saat itu pemerintah desa dan masyarakat menyetujui pembuantan drainase ini masuk dalam program prioritas desa tahun 2018 yang pekerjaannya dilaksanakan pada tahun 2019.

“Program pembangunan drainase ini kami laksanakan sesuai usulan masyarakat, anggaran yang disediakan sebesar 230 juta rupiah,” kata Kepala Desa Anggalosi, Kamis (4/6/2019).

Ia katakan bahwa pembangunan drainase di pinggir jalan desa tersebut rencanaya akan terus dilaksanakan mulai tahun ini, dengan melibatkan ratusan warga setempat sebagai pekerjanya. Pembangunan drainase ini sengaja diambil tenaga masyarakat desa sebagai salah satu cara pemberdayaan mayarakat.

“Pembuatan drainase ini masih akan terus berlanjut, ini dana desa tahap pertama, dan akan diprogramkan lagi di tahap berikutnya karena jalur Desa Anggalosi ini masih banyak yang belum memiliki drainase,” ucapnya.

Terkait alasan pengusulan dan masuk dalam program prioritas Desa Anggalosi, disebabkan karena sejumlah jalan desa sering terkena banjir yang mengakibatkan jalan desa tergenang.

“Kalau hujan, air dari parit ini menggenangi jalan, sehingga diusulkan masyarakat untuk pembuatan drainase. Artinya pekerjaan ini untuk mencegah agar jalan desa tidak rusak,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.