Dinas Pariwisata Koltim Bidik PAD Sektor Pariwisata Alam

WartaSultra—Sejumlah destinasi wisata Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai fokus dikembangkan, salah satu yang difokuskan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Koltim saat ini yakni keberadaan Wisata Air Terjun Tetewa di Kecamatan Uesi dan Puncak Wesalo di Kecamatan Lalolae yang digadang-gadang bakal menjadi miniatur Koltim.

Selain dua destinasi wisata tersebut, rupanya masih ada puluhan titik wisata yang belum diexplor seutuhnya oleh Pemerintah Daerah Koltim demi nemambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Koltim, Andi Muhtar Syamsuddin mengatakan bahwa dua wisata alam yang menjadi fokus dinas pariwisata saat ini merupakan destinasi andalan daerah, mengingat peluangnya cukup besar di mayarakat ke depannya.

Ia katakan, keberadaan sejumlah objek wisata tersebut diakui oleh Pemerintah Daerah Koltim. Tetapi untuk menjadikannya objek wisata yang mampu menghasilkan PAD Koltim belum bisa dilaksanakan seutuhnya, mengingat saat ini belum adanya regulasi sebagai dasar hukum baik peraturan bupati maupun peratura daerah untuk memungut retribusi dari pariwisata.

“Ini masih tahap penataan, untuk menarik retribusi itu kan harus ada peraturan bupatinya dan Peraturan Daerahnya dulu. Insya Allah tahun ini regulasinya disetujui untuk Air Terjun Tetewa dan Puncak wesalo, sehingga 2020 sudah bisa dilaksanakan,” ujar Syamsuddin kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/4/2019).

Kata Syamsuddin, jika keberadaan sejumlah pariwisata yang ada di Koltim telah dimanfaatkan seluas-luasnya, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah tempat pariwisata itu berada. Misalnya mulai dari ekonomi kreatif, perdagangan, jasa, perhotelan termaksud restoran akan tumbuh wilayah wisata tersebut termaksud perindustrian.

“Wisata ini peluangnya sangat besar dan salah satu penyumbang devisa terbesar saat ini itukan sektor wisata. Maka dari itu, Pemerintah Koltim juga mengambil peluang tersebut, sebab wisata ini akan menggerakan roda ekonomi yang ada di wilayah tersebut termaksud pembangunan daerah,” terangnya.

Untuk diketahui, Air Terjun Tetewa yang berada di Kecamatan Uesi akan menyajikan panorama alam pegunungan asri dan rencananya pengunjung akan ditantang adrenalinnya dengan mengarungi arus Sungai Tetewa dengan berarung jeram yang rencana awalnya akan dibuka jalur jeram sepanjang dua kilometer dari enam kilometer yang direncanakan Dinas Pariwisata Koltim. Demikian ia mengakhiri. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.