Ditresnarkoba Polda Sultra Menangkap 12 Kurir Narkoba Lintas Provinsi

WartaSultraID—Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menangkap para kurir lintas provinsi. Hal tersebut disampaikan oleh AKBP La Ode Aries, S.I.K saat menggelar konfrensi pers di Ruangan Media Center Polda Sultra, Senin (25/3/2019). 

“Kami berhasil menangkap 12 kurir narkoba, mereka ini ditugaskan oleh para bandar yang berasal dari Sumatera dan juga Sulawesi Selatan yang hendak membawa narkoba ke Sultra,” ungkapnya kepada para awak media.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya berhasil mengamankan narkotika jenis sabu berat 877,1 gram dan ganja berat 328 gram dengan rincian, Sudbit 1 berhasil amankan 849,1 gram sabu, Subdit 2 amakan 328 gram ganja dan 2,80 gram sabu serta Subdit 3 sebanyak 25,2 gram sabu.

Salah satu yang paling terbanyak kata AKBP La Ode Aries, yakni tersangka bernama Jainuddin alias Jaya bin La Manama. Pria ini kelahiran Kendari 2 November 1980 yang beralamat di Jalan H. Ibrahim, Kelurahan Inalahi Kecamatan, Wawotobi, Kabupaten Konawe.

“Modus operandi ditugaskan oleh napi yang berinisial HMR, untuk mengkoordinir pengiriman sabu dari Sidrap kemudian menempelkan atas arahan HMR. Peran tersangka sebagai koordinator dan tukang tempel,” jelasnya.

Lebih lanjut ia katakan, dari kasus-kasus yang ditangani ini, pihaknya akan melakukan lidik pengembangan terhadap bandar dari jaringan, khususnya pengirim dan penerima. 

Melakukan penyidikan dan pemberkasan. Membawa urine dan barang bukti ke laboratorium forensik dan mengkoordinasikannya dengan Polda Sumsel untuk pengembangan.

“Para pelaku melanggar Pasal 132 ayat (1) Jo Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana paling singkat enam tahun, pidana seumur hidup atau pidana mati,” pungkasnya. (*WS)