DLH Konawa Tambah Satu Unit Armada Pengangkut Sampah

WartaSultraID—Demi memaksimalkan mobilisasi pengangkutan sampah di wilayah Kota Unaaha, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe tahun 2019 ini mengusulkan penambahan satu unit armada pengangkut sampah.

Usulan penambahan armada pengangkut sampah ini disampaikan Ilham Jaya selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Konawe.

“Tahun ini DLH usulkan satu unit armada truk pengangkut sampah dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 400 juta,” ungkap Ilham Jaya kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/7/2019).

Mantan Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe ini menambahkan bahwa rencananya dalam waktu dekat, truk tersebut akan tiba di Kantor DLH Konawe dan akan langsung dioperasikan sesuai peruntukan pengusulannya.

“Jadi ada beberapa kabupaten yang mengusulkan. Untuk usulan DLH Konawe, saat ini tinggal menunggu aplikasi e-katalog saja. Jika sudah terbuka dan terproses, maka dalam waktu dekat juga kendaraan akan langsung dikirim ke Konawe,” terang Ilham Jaya.

Untuk diketahui, saat ini terdapat sembilan armada truk pengangkut sampah yang dimiliki Pemerintah Daerah Konawe, jumlah tersebut pun rupanya tidak semuanya beroperasi.

Ilham Jaya mengatakan, dari sembilan armada pengangkut sampah tersebut hanya enam unit yang hingga saat ini beroperasi dan melayani empat zona pengangkutan.

“Jumlah seluruh armada ada sembilan, yang masih beroperasi hingga saat ini hanya enam unit, sementara tiga unit lainya masih berada di bengkel,” pungkasnya.

Namun dengan adanya tambahan satu unit armada baru ini, diharapkan akan efektif menyelesaikan masalah tumpukan sampah yang tertampung di bak-bak sampah di empat zona Kota Unaaha.

Untuk diketahui, Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah yang mendapatkan prestasi Adipura Buana dari Kementerian Lingkungan Hidup pada tahun 2016-2017 dengan kategori kota kecil. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.