DLH Konawe Turut Andil Tangai Lumpur Pascabanjir Konawe

WartaSultraID—Pascabencana banjir bandang yang menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu, meninggalkan endapan lumpur di wilayah tersebut.

Akibat endapan lumpur tebal tersebut berimbas pada sebagian sumber mata air warga terutama sumur tercemari. Kondisi inipun langsung ditangai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe dengan berupaya mengembalikan kondisi sumur kembali normal.

Mesin penghisap air berupa alkon diturunkan oleh DLH untuk membersihkan sejumlah sumur yang tercemari lumpur. Dari informasi yang diterima Warta Sultra di lokasi pascabanjir di
Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha kondisinya kini berangsur normal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas DLH Konawe, Ilham Jaya. Ia mengatakan bahwa DLH ikut terlibat membersihkan sejumlah fasilitas umum pascabanjir Konawe. Kali ini, DLH fokus membersihkan fasilitas vital di sejumlah wilayah terdampak banjir.

“DLH fokus membersihkan fasilitas umum dulu, seperti sekolah, pesantren, kantor desa, masjid dan sumur warga yang tercemar akibat lumpur yang disebabkan banjir beberapa waktu lalu,” kata Ilham Jaya, Jum’at (5/07/2019).

Mantan Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe ini menambahkan bahwa bersama DLH dan warga, upaya pembersihan yang dilakukan pascabanjir bandang yakni membersihkan lumpur serta puing-puing bangunan yang masih berserakan di lokasi kejadian.

“Pascabanjir ini melibatkan lintas sektoral turut bahu-membahu melakukan pembenahan ulang di beberapa wilayah yang terkena banjir. Salah satunya dengan membersihkan sisa bencana di wilayah terdampak, seperti yang dilakukan DLH Konawe di Desa Loika beberapa waktu lalu,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.