Dua Babinsa Koramil Rumbia Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

WartaSultraID—Pada Jum’at 6 September 2019, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Blok Hutan Lampopala yang berada di Desa Lantari, Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana mengalami kebakaran lahan seluas 2,6 hektar are (Ha).

Menurut Kepala Brigdal Karhut, Anton Arsyad diperkirakan penyebab kebakaran diakibatkan oleh kelalaian seseorang yang sembarangan membuang puntung rokok.

Dalam proses pemadaman kebakaran hutan tersebut, dua Babinsa Koramil 1413-06/Rumbia Dim 1413/Buton Rem 143/Halu Oleo, yaitu Serka Abd. Hafid bersama Sertu Abd. Rauf terlihat bekerjasama dengan aparat Polsek Lamtari Jaya, Bigdal Karhut dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bombana melakukan pemadaman.

Pada kesempatan itu, Serka Abd. Hafid mengungkapkan, berkat kerjasama dan kesigapan seluruh personel yang terlibat di lokasi, api bisa dipadamkan sehingga tidak meluas dan tidak menimbulkan banyak kerugian.

“Untuk lahan yang terbakar merupakan padang savana dan semak belukar yang ada di tepi hutan, kami berharap kejadian ini bisa mengingatkan kepada para pengguna jalan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi di musim panas seperti ini,” ujar Serka Abd. Hafid melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO yang diterima Warta Sultra, Jum’at (6/9/2019).

Pemadaman api dilakukan dengan menyemprotkan air ke titik api yang dibantu dengan penggunaan alat pemadam lainnya. Tidak hanya itu, petugas juga melaksanakan penyekatan area agar kobaran api tidak meluas. Demikian Penrem 143/HO mengakhiri rilisnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.