Hilang di Hutan Selama Dua Hari, Kakek Ini Makan Dedaunan dan Tidur di Pohon

WartaSultraID—Hasan (56) warga Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang hilang saat mencari kayu bakar di hutan sejak Senin, 17 Juni 2019.

Hasan dinyatakan hilang setelah tidak kembali ke rumahnya pada Senin sore. Bersama kerabat dan warga setempat langsung mencari Hasan di hutan tempat ia diduga mengambil kayu.

Namun, setelah mencari hingga Selasa 18 Juni 2019, warga tidak menemukannya. Dengan demikian, warga melaporkan kejadian tersebut ke SAR Kolaka untuk membantu pencarian. Bersama warga dan Tim SAR, akhirnya Hasan ditemukan selamat pada Rabu 19 Juni 2019 dalam kondisi selamat dengan tubuh lemas.

“Kita temukan di jalan sekitar lima kilo dari rumahnya,” kata Kepala SAR Kolaka, Asep melalui pers rilis yang diterima Warta Sultra, Rabu (19/6/2019).

Menurut Kepala SAR Kolaka, Hasan tersesat dan tidak menghafal jalan pulang saat setelah mengambil kayu bakar. Untuk bertahan hidup, dirinya memakan dedaunan dan tidur di batang kayu besar ketika malam.

“Keteranganya tiba-tiba ia (Hasan, red) tidak tahu jalan pulang, jalan yang ia lalui tidak dilihat lagi. Sehingga ia berjalan tidak tentu arah, sampai bermalam di hutan,” jelas Asep.

Saat siang, Hasan mencoba berjalan mencari sungai sebagai arah menuju ke perkampungan. Sehari berjalan, Hasan tidak menemukan sungai atau kali, sehingga ia kembali bermalam di tengah hutan untuk yang kedua kalinya.

“Ia berusaha cari jalan kembali ke kampung, tapi tidak ketemu,” ungkap Asep.

Lebih lanjut, Kepala Kantor SAR Kolaka menambahkan bahwa kini korban sudah dirawat oleh kerabatnya di Kecamatan Lalolae. Sebab, kondisinya lemas akibat kekurangan cairan.

“Sudah ada sama keluarganya, saat ini korban sementara dipulihkan dari pihak keluarga. Korban juga sudah diberikan makan, istrahat, pakaian bersih, serta penanganan medis dari tim kami,” demikian Asep mengakhiri rilisnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.