Jokowi Pastikan Palapa Ring untuk Indonesia Timur Selesai Tahun Ini

WartaSultraIDIndonesia Memilih—Tema infrastruktur dalam Debat Kedua Capres 2019 yang berlangsung Minggu malam (17/2/2019) di Hotel Sultan Jakarta bisa dikatakan merupakan “senjata” bagi Capres (calon presiden) Joko Widodo (Jokowi) karena sebagai petahana, Jokowi sudah memiliki catatan panjang tentang keberhasilan dalam bidang ini.

Disinggung tentang The Global Competitiveness Report 2018, dimana aspek infrastruktur Indonesia menempati urutan ke 71 dari 140 negara, diindikasikan di antaranya oleh rendahnya konektivitas jalan, kualitas jalan, keandalan layanan air minum, dan efisiensi layanan pelabuhan yang dapat berpengaruh diantaranya pada sistem logistik pangan, industri kecil, menengah.

Jokowi memaparkan bahwa dalam empat tahun terakhir telah dibangun jalan, jalan tol, pelabuhan baru maupun pengembangan, dan airport (bandara) baru maupun pengembangan.

“Dan inilah yang ingin terus kita lakukan agar konektivitas antar pulau, provinsi, kabupaten, dan kota tersambungkan dengan baik. Dengan itu kecepatan dan kemudahan transportasi logistik, barang, mobilitas orang semakin cepat. Daya saing kita tanpa membangun ini (infrastruktur), lupakan,” tegas Jokowi.

Untuk itu Jokowi menegaskan akan terus konsisten untuk terus membangun infrastruktur sehingga konektivitas ini benar-benar tersambung. Bukan hanya infrastruktur berupa jalan, jalan tol, pelabuhan, airport, dan pembangkit listrik, tetapi juga yang berkaitan dengan digitalisasi.

“Kita telah bangun palapa ring , ini adalah tersambungnya backbone dengan broadband berkecepatan tinggi,” papar Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menyampaikan, pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan digitalisasi di Indonesia bagian barat telah selesai 100 persen, demikian juga di Indonesia bagian tengah telah selesai 100 persen.

“Indonesia bagian timur selesai 90 persen dan tahun ini akan selesai, inilah pentingnya infrastruktur selain SDM” lanjut Jokowi. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.