Kegiatan TMMD ke-105 Resmi Dibuka

WartaSultraID—Komando Distrik Militer (Kodim) 1416/Muna menggelar upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, yang diselenggarakan di Lapangan Raja Jin Kelurahan Bangkudu, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur). TMMD ini mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Bupati Butur, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd, perwira upacara, Kapten Inf Markuy, S.Sos selaku Pasi Persdim 1414/Muna dan sebagai komandan upacara yakni Kapten Inf. La Afi selaku Danramil 1416-05/Kabawo.

Peserta upacara terdiri dari satu satuan stingkat kompi (SSK) Satuan Tugas (Satgas) TMMD, dua satuan setingkat peleton (SST) Kodim1416/Muna, satu SST Polres Muna, satu SST Pol. PP Kabupaten Butur, satu SST Dinas Perhubungan (Dishub) Butur, satu SST Korpri Butur, satu SST barisan Forum Komunikasi Putra putri Purnawirawan TNI-Porli, dua SST pelajar SMA, satu SST Pramuka, masyarakat, serta tiga orang perwakilan penyematan tanda peserta atau penerima alat kerja.

Dalam laporannya, Komandan Kodim (Dandim) 1416/Muna, Letkol Feby Triandoko menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD ke-105 akan dilaksanakan mulai tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2019. Sasarannya pada TMMD kali ini ada dua yakni fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik difokuskan pada pembangunan masjid-masjid dengan ukuran 12×15 meter, rehap jalan lingkungan jembatan titian kayu dengan ukuran panjang 25×2 meter, dan rehap jembatan perahu sepanjang 36 meter.

“Dan untuk sasaran kedua yaitu non fisik, kegiatan yang akan dilaksanakan adalah penyuluhan narkoba, penyuluhan terorisme, penyuluhan KB, kesehatan, penyuluhan HIV/AIDS, penyuluhan bencana alam, serta penyuluhan paham radikal,” papar Dandim 1416/Muna saat membacakan laporannya yang diterima Warta Sultra melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO, Rabu (10/7/2019).

Sementara itu, Bupati Butur dalam amanatnya juga mengungkapkan bahwa program TMMD adalah kelanjutan dari progam ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) masuk desa yang merupakan program lintas sektor yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementrian atau lembaga pemerintah non pemerintah, pemerintah daerah dan swasta bersama masyarakat desa dalam rangka percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di desa-desa tertinggal, terpencil dan terisolir.

“Program TMMD merupakan wujud salah satu nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, M. Yusuf Kalla yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Upacara pembukaan TMMD ke-105 ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Butur, Rahmadio, SE, Ketua DPRD Butur, Muh. Rukman Basri, Kapolda Sultra yang diwakili oleh Karo Sarpras Polda Sultra, Kombes Pol Made Sutersen, SH, Kasiter Korem 143/HO, Letkol Edwar, Kapolres Muna yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Muna, Kompol Ngatimin.

Dan juga dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Raha, Sekda Butur, Drs. Muh. Yasin, Asisten I, II dan III Pemda Butur, Kapolsek Kulisusu, Kompol Ahali, SH., MH, Kepala SKPD Lingkup Pemda Butur, para Camat dan Kades se-Kabupaten Butur, serta tokoh masyarakat. Setelah kegiatan upacara pembukaan TMMD selesai, dilanjutkan peninjauan lokasi sasaran kegiatan TMMD. Demikian Penrem mengakhiri rilisnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.