Kepala BNPB RI akan Bentuk Tim Gabungan Terkait Indikasi Banjir di Konut

WartaSultraID—Setelah kunjungan kerja (kunker) Panglima TNI bersama Kapolri pada Sabtu, 22 Juni lalu, pada Minggu, 23 Juni 2019 Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI), Letjen TNI Doni Monardo bersama rombongan mengunjungi Konawe Utara (Konut) dalam rangka kunjungan spesifik ke wilayah Konut.

Kepala BNPB langsung disambut oleh Bupati Konut, Ruksamin. Dalam sambutannya, Bupati Konut mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Konut sangat terbantu karena pemerintah pusat selalu memperhatikan daerah-daerah yang terkena bencana banjir.

“Kami selaku pemerintah setempat sangat merasa terbantu, karena pemerintah pusat sangat memperhatikan wilayah kami yang tertimpa musibah banjir. Bencana di Kabupaten Konut bukan kali pertama terjadi, tetapi pernah terjadi di tahun 1977 tetapi tidak sebesar sekarang ini,” kata Ruksamin melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO yang diterima Warta Sultra, Minggu (23/6/2019).

Ruksamin mengatakan, bantuan logistik yang sudah terdistribusi sangat membantu warga korban banjir dan hingga hari ini, bantuan-bantuan tersebut masih terus mengalir di Kabupaten Konut.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kinerja Bupati Konut dari siang hingga malam berkerja untuk membantu masyarakat. Selaku Pemerintah Provinsi Sultra, dirinya akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Konut.

“Terima kasih juga kepada jajaran TNI-Polri yang sudah berkerja keras dalam meringankan beban masyarakat di Kabupaten Konut. Musibah yang terjadi di Konut adalah musibah kita bersama, untuk itu, mari kita sama-sama membangkitkan semangat setelah apa yang telah menimpa kita,” ujar Ali Mazi.

Sementara itu, Letjen TNI Doni Monardo juga mengapresiasi kinerja Bupati Konut dengan sigap melakukan penanggulangan bencana tanpa adanya korban jiwa. Pihaknya akan membentuk tim gabungan untuk mengetahui bagaimana banjir di wilayah Konut bisa terjadi, apakah ada indikasi aktivitas pertambangan atau tidak.

“Saya sebagai Kepala BNPB selalu melaporkan kepada Bapak Presiden RI tentang kondisi di wilayah Konut setelah paska banjir. Saya menginstruksikan kepada pemerintah daerah selalu membuat konsep untuk mengantisipasi ancaman-ancaman musibah yang terjadi di wilayah kita,” Letjen TNI Doni Monardo.

Pada kesempatan tersebut Kepala BNPB mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keseimbangan hutan agar bencana tidak terjadi lagi di wilayah Konut ini. Adapun rombongan yang mendampingi Kepala BNPB yakni Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto selaku Danrem 143/HO, Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya selaku Dandim 1417/Kendari. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.