Kodim 1417/Kendari Gelar Rapat Koordinasi Optimalkan Pengunaan Alsintan

WartaSultraID—Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1417/Kendari, Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S.Sos., M.Si, didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim), Mayor Inf. B. Selfinus. T memimpin langsung rapat koordinasi para Komandan Koramil (Danramil) dan Babinsa yang berlangsung di Aula Makodim 1417/Kendari.

Dalam rapat tersebut, Kolonel Kav. Hendi melakukan pengecekan administrasi kondisi kelayakan alat mesin pertanian (alsintan) yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan) yang dipertanggungjawabkan kepada Koramil 01-15.

“Untuk memastikan optimalisasi penggunaan alsintan, maka perlu diadakan pengecekan langsung, apa masih baik atau sudah rusak. Karena keberadaan alsintan tersebut sangat mendukung para petani dalam bercocok tanam,” ujar Dandim melalui pers rilis Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Selasa (10/9/2019).

Terkait dengan cetak sawah, Dandim menegaskan manfaat cetak sawah, bukan hanya bagi pemerintah dalam rangka menciptakan swasembada pangan, namun juga untuk menjamin kesejahteraan masyarakat dalam menjamin ketersediaan sumber makanan pokok masyarakat.

“Diharapkan melalui pengecekan tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan ketertiban alsintan guna mendukung program upaya khusus ketahanan pangan nasional sekaligus untuk meyakinkan alsintan tetap terpelihara dengan baik setelah dipakai untuk musim panen masa tanam 2 tahun 2019 ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengecekan alsintan sendiri meliputi traktor roda empat dan traktor roda dua, pompa air, dan rice transplanter. Selain alsintan, Dandim juga mengecek laporan perkembangan cetak sawah yang terdapat di empat kabupaten. Diantaranya adalah Konsel, Konut, Konawe, Konkep, dan satu yaitu Kota Kendari wilayah Binaan Kodim 1417/Kendari. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.