Kodim 1417/Kendari Gelar Upacara Pemakaman Veteran Asal Konawe

WartaSultraID—Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para veteran perang Republik Indonesia (RI) yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari kekuasaan penjajah, ketika mereka wafat adalah memberikan penghormatan melalui upacara pemakaman secara militer.

Seperti yang digelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1417/Kendari saat menggelar upacara pemakaman secara militer salah satu veteran perang RI, almarhum Tanggangga NPV 17.063.475 yang bertempat di Desa Uete, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe.

Almarhum Tanggangga merupakan salah seorang anggota LVRI Kabupaten Konawe yang terlibat langsung berjuang dalam operasi perlawanan tentara Hindia Belanda di wilayah Kabupaten Kolaka pada tahun 1950 hingga 1951.

Tidak hanya itu, pada tahun 1951 hingga 1952 ia pernah terlibat dalam operasi perlawanan tentara DII/TII di wilayah Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka.

Upacara persemayaman dan pemakaman militer ini dipimpin oleh Pabung Konawe, Mayor Inf. Petrus Hehakaya yang mewakili Dandim 1417/Kendari, Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S.Sos., M.Si.

Perwira upacara yakni Kapten Inf. Sahidin selaku Danramil 1417-09/Sampara, dan selaku komandan upacara yakni Pelda Syarifuddin selaku Danpos Ramil-02.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Inf. Petrus Hehakaya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada almarhum Tanggangga atas dharma bhaktinya kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Semoga amal bhaktinya diterima oleh Tuhan dan almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya.

Mayor Inf. Petrus Hehakaya mengatakan, prosesi pemakaman militer merupakan perwujudan dari penghormatan terakhir dan sudah menjadi tradisi yang dilakukan untuk menghormati arwah para pahlawan maupun anggota TNI yang telah mengabdikan dirinya bagi bangsa dan negara.

“Sudah seharusnya kita mengenang dan menghormati segala jasa-jasa almarhum sebagai panutan dalam mengemban tugas kepada negara dan bangsa,” ujar Mayor Inf. Petrus Hehakaya melalui pers rilis dari Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Kamis (5/9/2019).

Pada kesempatan itu juga, Pabung Konawe tersebut meminta kepada seluruh keluarga dan kerabat serta yang hadir agar memaafkan segala kesalahan dan kekhilafan almarhum.

Baik yang disengaja maupun tidak disengaja selama masih hidup, serta mendoakan almarhum semoga mendapat tempat yang lebih baik di sisi Allah SWT ,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.