Kodim 1417/Kendari Kerahkan Seluruh Personil demi Menyukseskan HPS ke-39

WartaSultraID—Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melibatkan berbagai stake holder, khususnya TNI -Polri.

Apel gelar pasukan dalam rangka kunjungan Presiden RI dan rombongan dan pengamanan kegiatan HPS ke-39 berlangsung di Apron Lanud Haluoleo Jumat (1/11/2019) yang melibatkan unsur TNI, Polri, Pemda, Basarnas, Dishub, dan instansi terkait.

Apel dipimpin oleh Kapolda Sultra, Brigjen Polisi Merdysam yang turut dihadiri Danrem 143/HO, Kolonel Inf. Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si, Dandim 1417/Kendari, Kolonel Inf. Drs. Alamsyah, M.Si, para Dansat TNI-Polri jajaran Sultra dan Forkopimda.

Kapolda Sultra dalam sambutannya mengatakan, kegiatan apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan personil TNI-Polri dan instansi terkait untuk pengamanan para menteri dan tamu negara.

“Dengan harapan, kegiatan Pari pangan Se-dunia dapat berjalan dengan lancar,” ujar Brigjen Polisi Merdysam melalui pers rilis Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Jumat (1/11/2019).

Kapolda mengungkapkan, suksesnya HPS ditentukan kesiapsiagaan TNI-Porli dan seluruh instansi terkait sesuai peran tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Seluruh hal-hal teknis dan taktis hendaknya dikoordinasikan, tetap jalin komunikasi dan koordinasi. Sehingga hal-hal yang terdapat di lapangan dapat diatasi,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 1417/Kendari menyampaikan bahwa Kodim 1417/ Kendari sebagai aparat kewilayahan selain mengerahkan personil dalam pengamanan, para Babinsa juga dikerahkan untuk mendukung tugas pemda guna mendukung kelancaran kegiatan HPS tersebut.

“HPS akan berlangsung di tiga lokasi yaitu Kendari, Konawe dan Konsel,” kata Dandim Kendari.

Dalam event nasional yang dihadiri para menteri dan tamu negara ini, pihaknya mengerahkan seluruh personil untuk membantu dan mendukung kelancaran kegiatan HPS yang akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 November 2019.

Pembukaan HPS tanggal 2 November, rencananya diagendakan panen kakao di Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan, gelar inovasi teknologi dan bio industri, serta festival pangan lokal (lomba cipta menu) dan peninjauan pameran termasuk pagelaran seni budaya yang dipusatkan di Lapangan MTQ Kendari.

Pada tanggal 3 November diagendakan akan diisi dengan pameran yang diikuti dari pihak Pemprov dan kabupaten/kota, BUMN, swasta, stake holder, dan UKM lokal. Sementara pada tanggal 4 dan 5 November mendatang masih menyuguhkan acara pameran pangan, bazar, UKM, dan pagelaran seni budaya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.