Kodim 1417/Kendari Masuk dalam Klasifikasi A pada Lomba Binter

WartaSultraID—Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) yang diikuti seluruh Komando Distrik Militer (Kodim) se-Indonesia. Penilaian lomba Binter ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 hinga 22 Juni 2019 oleh tim penilai asal Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes-TNI).

Tim penyiapan dari Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin terlebih dulu melakukan kunjungan pertama ke Kodim 1425/Jeneponto dan kunjungan kedua ke Kodim 1417/Kendari.

Pada kunjungannya di Kodim 1417/Kendari, tim persiapan yang terdiri dari tiga orang tersebut dipimpin oleh Perwira Pembantu Utama (Paban) Kemampuan Teritorial (Puanter), Letkol Inf Agus Salim melakukan serangkaian kegiatan.

Letkol Inf Agus Salim mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu terkait Pembinaan Satuan (Binsat), program-program yang ada di Kodim, serta kerjasma Kodim dengan pemerintah daerah, pihak kepolisian dan tokoh masyarakat.

“Kemudian ada juga penilaian untuk FORKOPIMDA (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, red). Nantinya, tim dari pusat akan mewawancarai para pimpinan tersebut selain itu juga, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh adat,” ujar Letkol Inf Agus Salim kepada Warta Sultra saat ditemui di pelataran Makodim 1417/Kendari, Kamis (11/4/2019).

Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba Binter ini merupakan program dari Kepala Satuan (Kasat) Angkatan Darat. Semua Kodim di seluruh Indonesia melaksanakan penilaian yang diawali pada awal tahun 2018.

“Saat ini ada perubahan baru, dulu ada istilah juara Kodim Utama, Madya dan Pratama. Kali ini tidak ada lagi, di tahun 2019 ini ada istilah klasifikasi A, B, C, dan D. Klasifikasi A adalah ibukota negara kemudian daerah peyangga ibukota dan ibukota provinsi. Untuk Kodim 1417/Kendari masuk di wilayah klasifikasi A,” jelasnya.

Untuk klasifikasi B, sambung Letkol Inf Agus salim, yaitu Kodim kabupaten atau kota. Di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin terdapat 26 Kodim dari 27 Kodim yang masuk klasifikasi tersebut. Di wilayah Sultra yang tidak masuk dalam klasifikasi B ada satu dan di Sulawesi Selatan (Sulsel) ada tiga Kodim.

“Klasifikasi C merupakan daerah rawan, dan untuk di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin tidak ada klasifikasi C, begitu juga klasifikasi D yaitu pulau terluar juga tidak ada,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.