Korem 143/HO Gelar Apel Kesiapsiagaan Mengantisipasi Situasi Perkembangan di Sultra Pasca Demo

WartaSultraID—Komando Resort Militer (Korem) 143/HO menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) pasca bentrok di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra yang mengakibatkan dua mahasiswa meninggal dunia.

Apel tersebut dilaksanakan di Lapangan Upacara Makorem 143/HO yang diikuti sebanyak 528 personel gabungan jajaran Korem 143/HO.

Dalam arahannya, Kolonel Inf. Yustinus Nono Yulianto selaku Danrem 143/HO menyampaikan bahwa apel kesiap siagaan digelar untuk mengantisipasi perkembangan situasi, menjaga wilayah Sultra tetap kondusif dengan kejadian aksi unjuk rasa pada Kamis 26 September 2019 yang mengakibatkan dua mahasiswa meninggal dunia.

“Kita telah dibekali lima kemampuan teritorial yang diantaranya kemampuan komunikasi sosial yang bisa kita terapkan untuk menghadapi massa secara persuasif,” ujar Yustinus Nono Yulianto melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO yang diterima Warta Sultra, Jumat (27/9/2019).

Danrem juga menekankan kepada seluruh prajurit jajaran Korem 143/HO untuk selalu menghindari kontak fisik dengan massa pendemo, baik itu masyarakat ataupun adik-adik mahasiswa.

Selain itu, lanjut Danrem 143/HO, unjuk rasa ini tidak hanya terjadi di Sultra, akan tetapi hampir di semua wilayah Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, TNI harus mampu memberikan himbauan-himbauan agar tidak mudah terprovokasi.

“Hadapi massa dengan tenang, berikan sentuhan dari hati ke hati dan pegang teguh delapan wajib TNI, jangan sakiti rakyat. Dan yang terakhir pedomani dan laksanakan penekanan Bapak KASAD untuk tidak menyebarluaskan berita yang belum jelas kebenarannya apalagi berita hoax. Jadilah prajurit kebanggaan rakyat yang bisa menjadi contoh dan panutan,” pungkas Kolonel Inf. Yustinus Nono Yulianto

Apel kesiapsiagaan ini juga dihadiri oleh Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S. Sos., M.Si selaku Dandim 1417/Kdi, Letkol Inf. Arif Susanto selaku Kasrem 143/HO, Letkol Inf. Yudi Rombe selaku Kasi Ops Korem 143/HO, Mayor Kav. Komaruddin selaku Kasipers Korem 143/HO, Mayor Inf Suhardi selaku Pasi Ops Korem 143/HO, Mayor Chk. Suyanto selaku Pakum Korem 143/HO. Demikian Penrem 143/HO mengakhiri rilisnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.