Dandim 1412/Kolaka dan Dandim 1416/Muna Berganti, Berikut Harapan Danrem 143/HO

Berempat di Aula Jenderal Sudirman Korem 143/HO dilaksanakan upacara pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan dan serah terima jabatan Komando Distrik Militer (Dandim) 1412/Kolaka dari Letkol Inf Seniman Zega ke Letkol Inf Feby Trihandoko dan Dandim 1416/Muna dari Letkol Inf Idris Hasan Letkol ke Letkol Kav Amran Wahid.

Dalam kegiatan tersebut Komando Resor Militer (Danrem) 143/HO, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, SE., M.Si sebagai inspektur upacara dan Dandim 1417/,Kendari, Letkol Cpn Fajar Luvti Haris Wijaya, SE., M.I.Pol selaku komandan upacara. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasrem 143/HO, Dandim jajaran Korem 143/HO, Ketua Persit KCK Koorcabrem 143 PD XIV/Hasanuddin.

Kasi Korem 143/HO, para Dan/Kadisjan jajaran Korem 143/HO dan para Kabalakrem 143/HO serta Ka Korum Yonif 725/Woroagi, Ibu Wakil Ketua beserta pengurus Persit KCK Koorcabrem 143/HO, Ketua Persit Cabang Jajaran Korem 143/HO beserta para pengurus dan para perwira, bintara dan tamtama serta PNS Korem 143/HO.

Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, SE., M.Si dalam amanatnya mengatakan bahwa alih tugas dan mutasi jabatan dalam satuan TNI-AD merupakan hal yang  biasa dilakukan dan merupakan dinamika internal  organisasi.

Tujuannya adalah untuk penyegaran organisasi satuan dan pembinaan karier personel yang bersangkutan agar dapat terus dipelihara dan ditingkatkan secara optimal. Oleh karena itu serah terima jabatan Dandim 1412/Kolaka dan Dandim 1416/Muna ini memiliki arti penting untuk kesinambungan kaderisasi dan regenerasi dalam organisasi TNI-AD.

“Sehubungan dengan pelaksanaan serah terima jabatan Dandim 1412/Kolaka dan Dandim 1416/Muna, selaku pribadi dan atas nama Komando, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Letkol Inf Seniman Zega, SH dan Letkol Inf Idris Hasan atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya selaku  pejabat,” ujar Danrem 143/HO, Jumat (1/2/2019).

Berita terkait : Danrem 143/HO: Junjung Tinggi Netralitas dan HAM


Ia mengatakan bahwa Dandim 1412/Kolaka dan pejabat Dandim 1416/Muna atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini. Danrem 143/HO meyakini bahwa keberhasilan yang dicapai Korem 143/HO selama ini tentunya tidak terlepas dari  keberhasilan yang dilakukan oleh para Dansat bawah dalam mengharumkan satuan Korem 143/HO.

“Pada kesempatan ini saya berpesan jadikanlah pengalaman yang baik di sini sebagai bekal untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru, serta tinggalkan hal-hal yang tidak baik bila itu akan menghambat tugas yang akan datang. Begitu pula kepada Ny. Seniman Zega dan Ny. Idris Hasan saya juga menyampaikan  terima kasih atas kesetiaannya dalam mendampingi suami serta keaktifannya sebagai Ketua Persit KCK Cabang Kodim 1412/Kolaka dan Ketua Persit KCK Cabang Kodim 1416/Muna,” tuturnya.

Danrem 143/HO mengatakan kepada Letkol Kav. Amran Wahid, ST., M.M dan Letkol Inf. Febi Triandoko, M.Si beserta istri mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI-AD untuk memimpin Kodim 1412/Kolaka dan Kodim 1416/Muna.

“Dengan bekal dan pengalaman saudara bertugas sebelumnya, saya yakin saudara akan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Kodim dengan sebaik-baiknya. Dan kepada Ny. Amran Wahid dan Ny. Febi Triandoko, saya berharap dapat melanjutkan pembinaannya kepada Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana di jajaran Kodim 1412/Kolaka dan Kodim 1416/Muna,” sambungnya.

Lebih lanjut ia katakan bahwa jabatan Dandim merupakan jabatan yang cukup strategis di jajaran TNI-AD karena mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial di wilayahnya. Tugas yang harus dilaksanakan yaitu  pemberdayaan potensi wilayah meliputi sumber daya alam, sumber daya buatan dan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang ada di wilayah teritorial.

Masing-masing, lanjut Danrem 143/HO, untuk diolah menjadi suatu kekuatan kewilayahan guna mendukung kepentingan pertahanan yang dilaksanakan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan bersama aparatur di wilayah setempat, guna terwujudnya ruang, alat dan kekuatan perjuangan yang tangguh untuk menunjang kepentingan sistem pertahanan semesta.

“Apalagi sudah kita ketahui bersama bahwa tahun 2019 ini sebentar lagi akan dilaksanakan pesta demokrasi nasional di Indonesia yaitu pemilihan anggota legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden. Even ini tentunya membutuhkan konsentrasi dan kerjasama yang baik antar segenap instansi terkait, agar pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan aman dan sukses,” paparnya.

Danrem 143/HO juga menegaskan kepada para Dansat jajaran Korem 143/HO agar senantiasa menjaga netralitas TNI. Ia mengatakan kepada prajurit agar memegang teguh netralitas TNI dan selalu mengingatkan anggota agar bersikap netral dengan tidak memihak kepada salah satu kontestan.

“Hal ini perlu saya tegaskan agar kita tidak terjebak pada keberpihakan kita kepada salah satu calon tersebut,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto mengucapkan selaku pribadi dan atas nama Komandan Korem 143/HO menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Inf. Seniman Zega, S.H dan Letkol Inf. Idris Hasan, beserta istri atas pelaksanaan tugas sebagai Dandim 1412/Kolaka dan Dandim 1416/Muna selama ini.

“Selamat jalan dan selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru. Dan kepada Letkol Kav. Amran Wahid, S.T., M.M dan Letkol Inf. Febi Triandoko, M.Si. (Han), saya mengucapkan selamat bertugas sebagai pejabat Dandim 1412/Kolaka, dan pejabat Dandim 1416/Muna saya berharap tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat Dandim dapat dilanjutkan dan ditingkatkan,” pungkasnya. (*WS)