KPUD Koltim Berharap Pemilih Penyandang Disabilitas Bisa Gunakan Hak Pilihnya

WartaSultraID—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menemukan adanya 331 orang calon pemilih kategori penyandang disabilitas. 

Hal tersebut terungkap pada saat rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga (DPTHP-3) KPUD Koltim. 

Sutomo, SPd., MPd selaku Divisi Data KPUD Koltim mengungkapkan, angka penyandang disabilitas tersebut jika diuraikan terdiri dari, tuna daksa 85 orang, tuna netra 74 orang, tuna rungu atau wicara 97 orang, tuna grahita 44 orang, dan disabilitas lainnya 31 orang tersebar di setiap kecamatan. 

“Pemilih disabilitas ini tersebar di seluruh kecamatan di Koltim atau rincian perwilayahnya, di 90 desa dan di 183 TPS(tempat pemungutan suara, red),” ujar Sutomo kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (5/4/2019).

Sutomo mengharapkan pada hari pemilihan tanggal 17 April 2019, seluruh pemilih penyandang disabilitas ini dapat menggunakan hak pilihnya di TPS. Maka dari itu, setiap panyelenggara pelaksana pemilu mulai dari tingkat kecamatan hingga desa agar berperan aktif mengajak para pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS. 

“Jika penyandang disabilitas ini ada yang tidak memahami proses pemilihan, maka akan dilakukan pendampingan kepada penyandang disabilitas ini dengan melampirkan bukti C3 atau surat pernyataan pendampingan pemilih,” jelasnya.

Jika mereka, sambung Sutomo, meminta pendampingan, untuk tenaga pendampingnya itu bisa dari anggota keluarga atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat.

Ia katakan bahwa jika ada pemilih disabilitas yang tidak mampu datang ke TPS, pihak penyelenggara akan berusaha melakukan door to door ke rumah penyandang disabilitas dengan ketentuan waktu pemilihan masih ada.

“Jika cukup waktu, penyelenggara bisa langsung mendatangi penyandang disabilitas ini langsung ke kediamannya, dengan ditemani para saksi pemilu,” pungkasnya. (*WS)