Kualitas Jokowi dan Prabowo Kembali Diuji dalam Debat Kedua Pilpres 2019

Warta SultraIndonesia Memilih—Masih di panggung yang sama, panggung Debat Calon Presiden (capres), hanya tahunnya yang berbeda. Masih dua capres yang sama, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, hanya nomor urutnya yang berbeda.

Bertempat di Hotel Sultan, Jakarta, KPU (Komisi Pemilihan Umum) menggelar Debat Kedua Calon Presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada malam ini, Minggu (17/2/2019). Tema yang diangkat pada debat kedua ini adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Kualitas Jokowi dan Prabowo kembali diuji dalam debat kedua yang dibagi dalam enam segmen ini. Segmen pertama, Jokowi dan Prabowo menyampaikan visi misi. Segmen kedua, pendalaman visi misi capres terkait pangan, infrastruktur, dan energi. Selanjutnya, moderator akan memberikan pertanyaan bagi kedua capres dan masing-masing capres diberi kesempatan saling menanggapi jawaban lawan debat.

Pada segmen ketiga, pendalaman visi misi kedua capres terkait sumber daya alam dan lingkungan hidup. Segmen ketiga berlangsung seperti segmen kedua. Sedangkan untuk segmen keempat, adalah segmen eksploratif. Pada segmen ini, akan ditayangkan video pendek dan kedua capres dimintai tanggapan terkait tayangan tersebut.

Memasuki segmen kelima, merupakan debat inspiratif, segmen paling ditunggu-tunggu tentunya, karena pada segmen ini masing-masing capres akan melempar pertanyaan dan kemudian saling memberikan tanggapan atas jawaban lawan debat.

Debat kedua malam ini akan ditutup dengan segmen keenam yaitu masing-masing capres membuat pernyataan penutup sesuai tema malam ini.

Enam segmen dalam debat kedua malam ini akan turut menentukan kemana suara rakyat Indonesia akan dipercayakan. Jika pada Pilpres 2014 lalu, rakyat Indonesia mempercayai Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7, apakah kualitas Jokowi dan Prabowo pada malam ini bisa kembali mengantarkan Jokowi menjadi Presiden RI periode 2019-2024 atau justru Prabowo yang berhasil menuju Istana Negara. Suara rakyat tetaplah penentunya. (*WS)

Berikut adalah video debat antara Jokowi dan Prabowo pada Pilpres 2014. Sumber channel youtube Berita Satu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.