Pagelaran Tattoo “Sambang Sedulur Nusantara”, antara Promosi dan Edukasi

Masberto Kingdom, sebuah distro yang memiliki produk unggulan berupa kaos dan seni tattoo menggelar sebuah acara yang diberi nama “Sambang Sedulur Nusantara”, acara tersebut bertujuan mempromosikan talenta-talenta seniman tattoo yang ada di Nusantara.

Pantauan Warta Sultra di lokasi acara pada Sabtu (14/9/2019), seniman tattoo dari B.E.TA (Bekasi Tattoo Artis), Unyil Tattoo Bali, dan Kent Tattoo Bandung turut meramaikan acara yang digelar di Jalan Letda Nasir,Bojongkulur, Bogor, Jawa Barat (Jabar) tersebut.

Teknologi terbaru yang mendukung para seniman dan pecinta seni merajah tubuh ini juga turut dihadirkan dalam acara. Selain itu, pengunjung juga mendapatkan edukasi terkait waspada tattoo untuk kesehatan. Sebagaimana diketahui bahwa untuk membuat tattoo dibutuhkan jarum, jarum yang digunakan harus steril karena jika tidak, jarum tersebut bisa menjadi sarana penularan penyakit.

Tattoo yang sehat diawali pada saat pembuatan. Seniman tattoo ada yang masih amatir, ada pula yang sudah profesional dengan jam terbang ttinggi. Seniman tattoo profesional sudah mengetahui standar prosedur keamanan tattoo seperti higienitas, sterilisasi jarum, dan sebagainya untuk menghindari risiko terkena penyakit.

Perlu diketahui bahwa masing-masing seniman tattoo memiliki Standar Operasional Prosedur Tattoo. Salah satu SOP adalah peralatannya harus steril. Sebelum memutuskan bertattoo, perlu diketahui apakah berbakat keloid atau tidak, ada riwayat HIV/AIDS, dan alergi. Terkait jenis warna kulit juga harus dipertimbangkan demi hasil tatto yang maksimal.

Jenins tattoo ada dua, permanen dan sementara. Tattoo yang tidak permanen atau sementara ada yang berupa tempelan saja atau digambarkan di kulit menggunakan pewarna atau dikenal dengan henna yang dapat terserap di kulit epidermis (lapisan paling atas kulit yang akan selalu terkelupas dan tumbuh kulit baru lagi). Tattoo sementara ini hanya akan bertahan beberapa hari.

Sedangkan tattoo permanen, pembuatannya dengan cara memasukkan tinta ke dalam kulit dengan menggunakan jarum dan mesin pendukung. Pertama-tama, tinta dimasukkan ke dalam mesin, tinta tersebut kan dihisap oleh tube dan disalurkan ke jarum, tombol ON dan OFF dikontrol melalui pedal kaki. Sedangkan kerja jarum digerakkan oleh mesin yang menggunakan tenaga listrik. Pada prinsipnya, kerja mesin tattoo mirip dengan mesin jahit. Jarum akan keluar masuk kulit dengan sangat cepat, sekitar 50-3000 kali per menit. Setelah selesai proses tersebut, tinta akan tinggal di dalam lapisan dermis kulit secara permanen.

Terkait motif tattoo, ada yang berasal dari ide pengguna tattoo atau ide dari seniman tattoo. Seniman tattoo profesional memiliki kemampuan mengarahkan motif yang tepat bagi pengguna. Motif tattoo terdiri dari gambar, simbol, tulisan-tulisan bahkan replika foto atau banyak lagi tema yang dituangkan.

Usai memamerkan kepiawaian para seniman tatoo yang turut meramaikan acara tersebut, acara dilanjut dengan pemutaran film pendek hasil kolaborasi kolaborasi Unyil Tattoo Bali – Kent Tattoo Bandung,

Pagelaran “Sambang Sedulur Nusantara” diharapkan secara berkesinambungan diadakan, selain untuk mempererat tali persaudaraan antar seniman dan pecinta tattoo, acara tersebut juga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa tattoo bagian dari seni, tattoo tidak identik dengan penjahat dan kejahatan. (*WS