Panglima TNI bersama Kapolri Kunjungi Korban Banjir di Konut

WartaSultraID—Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol. Prof. Dr. H. Muh. Tito Karnavian, MA, Ph. D melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam rangka memberikan bantuan kepada korban bencana dengan menggunakan Pesawat Helly Super Puma dua unit, Helly Dhaulpin Polri, dan Helly Bell 412.

Kunker Jenderal TNI dan Jenderal Polisi ini didampingi oleh Gubernur Sultra, H. Alimazi, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, Kapolda Sultra, Brigjend Pol Iriyanto S.I.K dan Danrem 143/HO, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto beserta rombongan. Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan menuju Posko Penanggulangan Bencana Banjir yakni di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konut.

Setibanya di lokasi, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan menerima presentase dari Bupati Konut, DR Ir. H. Ruksamin, ST, M.Si., Eng. Setelah itu digelar konferensi pers terkait kondisi terkini penanganan banjir, tanah longsor di Kabupaten Konut. Dalam sambutannya, Ruksamin mengungkapkan bahwa selaku pemerintah daerah sangat berterimakasih kepada Panglima TNI dan Kapolri atas kunjungannya di Konut.

“Tentunya kami sangat menyayangkan bencana yang menimpah daerah kami, tetapi kita harus menyadari mungkin ada makna di balik musibah ini. Tentunya dengan kedatangan Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri bisa memberikan semangat kepada masyarakat kami, agar bisa bangkit paska bencana alam yang menimpa daerah kami,” kata Ruksamin dalam sambutannya melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO yang diterima Warta Sultra, Sabtu (22/6/2019).

Sementara itu, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya berkunjung di Kabupaten Konut dalam rangka kunjungan kerja selaku Panglima TNI dan Kapolri. Pangalima TNI ini mengatakan bahwa musibah yang menimpah beberapa wilayah di Provinsi Sultra dijadikan sebagai pelajaran bersama dan TNI Polri selalu siap membantu.

“Tentunya musibah ini kita jadikan pelajaran bersama. Insya Allah kami, TNI-Polri selalu membantu masyarakat di wilayah Konawe Utara setelah paska banjir yang menimpa Kabupaten Konawe Utara,” jelas Panglima TNI.

Di tempat yang sama, Kapolri juga mengatakan bahwa dari kepolisian akan selalu siap membantu masyarakat Konut. Pihaknya bersama-sama dengan Panglima TNI akan memberikan bantuan dan dukungan kepada warga yang menjadi korban banjir.

“Saya tekankan kepada jajaran kepolisian agar selalu hadir dan melibatkan diri setelah pasca banjir di Konawe Utara dan tentunya akan dibantu oleh pemerintah pusat. Setelah kejadian bencana banjir ini kita bisa mengembalikan fungsi hutan untuk mencegah bencana banjir dan kerusakan lingkungan,” papar Tito Karnavian .

Pemberian bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Konut secara simbolis oleh Panglima TNI dan Kapolri dan dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah melakukan konferensi pers, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan menuju tempat pengungsian di Desa Wanggudu. Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis serta meninjau posko medis yang melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.