Pasien yang Terkena Hidrosefalus Asal Koltim Dirujuk ke Makassar

WartaSultraID—Pasien yang terkena penyakit hidrosefalus bernama Muhammad Ridzal Kirli yang baru berusia 4 bulan asal Desa Penanggoosi, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mendapat rujukan dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Benyamin Guluh Kolaka ke Rumah Sakit (RS) Wahidin Makassar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Koltim, Barwik Sirait. Kata Barwik, pasien yang terkena hidrosefalus tersebut sudah diberangkat ke Makassar untuk dilakukan pembedahan.

Dan sampai saat ini, kondisi pasien akan terus dipantau oleh Dinkes Koltim selama berada di RS Wahidin Makassar.

“Dari Puskesmas Lambandia pasien dirujuk ke BLUD Kolaka, lalu BLUD Kolaka kembali merujuk pasien ke RS Wahidin Makassar pada 8 Oktober 2019. Di ahli bedah syaraf, kita pantau terus sampai dimana perkembangannya,” ujar Barwik kepada Warta Sultra, Kamis (10/10/2019).

Terkait biaya keberangkatan, sambung Barwik, Pemerintah Daerah Koltim memberikan bantuan ke keluarga pasien. Bantuan tersebut kiranya dapat meringankan beban keluarga pasien saat di Makassar.

“Kemarin ada bantuan swadaya dari masyarakat dan ada juga bantuan dari Pemda Koltim yang diberikan ke orang tua pasien melalui Ibu Bupati Koltim, Hj. Surya Hutapea. Kiranya saat di Makassar nanti dapat meringankan biaya di sana, untuk pasien sendiri, menggunakan BPJS Kesehatan Pemerintah, KIS,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.