Pemda Koltim Gelar Bimtek Wisata Kuliner

WartaSultraID—Potensi pariwisata Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) terus dikembangkan melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Koltim.

Peningkatan pendukung pariwisata terus ditata dengan rapi, tujuannya demi memberikan kenyamanan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Koltim ke depan.

Salah satu upaya Pemerintah Koltim untuk mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat bagi warganya dari sektor wisata yakni dengan memberikan edukasi melalui bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh Dinas Pariwisata Koltim.

Bimtek ini bertujaun untuk penguatan pendukung pariwisata dalam pengembangan wisata kuliner dengan memperhatikan kearifan budaya lokal Koltim itu sendiri.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Dinas pariwisata Koltim, AM Syam mengatakan bahwa selain pesona wisata alam yang dimiliki Koltim, wisata kuliner juga akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam pengembangan sektor wisata.

Maka dari itu, bimtek yang dihadiri dari Asosiasi Chef Indonesia ini diharapkan dapat memberikan motivasi baru bagi peserta bimtek yang hampir rata-rata merupakan pelaku usaha kuliner di Koltim.

“Seperti daerah lain, wisata kuliner ini juga menjadi salah satu obyek wisata penunjang dalam pengembangan sektor wisata ke depannya. Demikian pelaku UKM lainnya seperti pelaku ekonomi kreatif yang menonjolkan kearifan budaya lokal Koltim itu sendiri juga akan dikembangkan pemerintah daerah,” ujar AM Syam, Selasa (30/7/2019).

Lebih lanjut ia katakan, sektor wisata ini tidak hanya melibatkan dinas pariwisata saja, melainkan semua stake holder memiliki peran demi mewujudkan wisata di Koltim dapat maju dan berkembang.

“Maka dari itu, bimtek yang anggarannya dari DAK non fisik Kementerian Pariwisata ini juga dihadiri dari dinas lain demi mendukung sektor wisata Koltim dapat berkembang cepat ke depan,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.