Pemda Koltim Tetapkan Zakat Fitrah 35 Ribu Rupiah

WartaSultraID—Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Koltim menyetujui pembayaran zakat fitrah tahun ini sebesar 35 ribu rupiah per orang atau setara 3,5 liter beras.

Penetapan zakat ini di katakan oleh H. Ayi Wahyuddin, M.Si selaku Bagian Kesra Sekretariat Pemda Koltim. Ia mengatakan, penetapan besaran zakat fitrah tersebut ditentukan dari besarnya harga sembilan bahan pokok berupa harga beras di pasaran.

“Penetapan zakat ini telah disetujui bersama Pemda Koltim dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Koltim pada tanggal 6 Mei, saat rapat pembahasan penetapan zakat fitra tahun ini,” ujar Ayi Wahyuddin kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (10/5/2019).

Selain zakat fitrah berdasarkan harga beras, lanjutnya, rapat tersebut juga menetapkan besaran zakat fitrah untuk bahan konsumsi berupa jagung dan sagu.

Hasilnya, bagi masyarakat yang mengkonsumsi sagu dan jagung dikenakan besaran zakat fitrah sebesar 22.500 rupiah atau setara 3,5 liter jagung atau sagu.

“Untuk makanan konsumsi selain beras, ditetapkan sebesar 22.500 per jiwa, antaranya makanan sagu dan jagung dengan takaran 3,5 liter,” pungkasnya. (*WS)