Peringati Hari Pahlawan, Mensos RI: Jadilah Pahlawan Masa Kini yang Membanggakan Negeri

WartaSultraID—Komando Resort Militer (Korem) 143/HO dan jajaran menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan. Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Upacara Makorem 143/HO.

Bertindak selaku inspektur upacara yakni Komandan Korem (Danrem) 143/HO, Kolonel Inf. Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si. komandan upacara yakni Mayor Arm. Sumarsono. Sementara untuk perwira upacara, Letda Inf. Pattimura.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 143/HO membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P. Batubara bahwa dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang the founding fathers, Bung Karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa. Dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional,” ujar Mensos RI dalam amanatnya yang diterima Warta Sultra melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO, Minggu (10/11/2019).

Mensos juga mengajak semua masyarakat untuk selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan tidak membiarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa ini.

“Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” ucapnya.

Ia berharap bahwa Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dan untuk diketahui, dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” harapnya.

Mengakhiri amanatnya, Juliari P. Batubara mengucapkan selamat Hari Pahlawan 2019. Ia juga berharap agar rakyat Indonesia dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri.

“Sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.