Polisi Serahkan Berkas Perkara Dugaan Korupsi Satpol PP Konawe di Kejaksaan

WartaSultraID—Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Konawe, Kamis 29 Agustus 2019 serahkan dua berkas perkara tahap I ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha, Kabupaten Konawe. Dua berkas perkara tersebut yakni perkara Muh. Faisal Hady selaku mantan Bendahara Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe dan MT. Syahlan Sale Saranani selaku Kepala Dinas (Kadis) Satpol PP dan Damkar Konawe.

Kapolres Konawe AKBP. Muh Nur Akbar, SH, S.I.K., MH melalui Kasat Reskrim Polres Konawe, IPTU. Rachmat Zam Zam, SH menjelaskan bahwa Muh. Faisal Hady dan MT. Syahlan Sale Saranani terlibat dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dana kegiatan belanja makanan dan minuman serta belanja kegiatan lainnya berupa rapat-rapat koordinasi dan konsultasi luar dan dalam daerah.

Penyediaan jasa non PNS, pemeliharaan rutin atau berkala gedung kantor, pemeliharaan rutin atau berkala kendaraan dinas atau operasional pada Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe Triwulan III dan IV tahun anggaran 2017.

“Keduanya diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 subs Pasal 9 Undang-Unndang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP,” ungkap IPTU. Rachmat Zam Zam.

Untuk diketahui, tersangka Muh. Faisal Hady saat ini tidak dilakukan penahanan, karena yang bersangkutan sedang menjalani hukuman dalam perkara tindak pinda korupsi dengan objek perkara lain. Sedangkan Muh. Syahlan Sale Saranani sudah ditahan di Rutan Kelas IIB Unaaha di Tongauna sejak tanggal 26 Agustus 2019. (*WS)