Polres Konawe Gelar Lomba Pos Kamling dalam Rangka HUT Bayangkara Ke-73

WartaSultraID—Peran Pos Keamanan Lingkungan (Kamling) dan kegiatannya dalam menjaga keamanan di suatu wilayah dengan cara melakukan ronda malam merupakan salah satu strategi jitu guna mencegah terjadinya tindak kriminal.

Peran masyarakat dan pemerintah dapat disinergikan dengan petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sebagai upaya pencegahan tindak pidana.

Sebagai bentuk apresiasi akan pentingnya keberadaan Pos Kamling di setiap desa, maka Polres Konawe tahun 2019 ini menggelar lomba Pos Kamling dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bayangkara ke-73

Sebanyak 16 Polsek jajaran Polres Konawe ikut terlibat. Setiap Polsek mempercayakan satu desa dalam Lomba Pos Kamling, seperti Polsek Onembute, mempercayakan Desa Trimulya, Kecamatan Onembute sebagai wakil dari Polsek Onembute.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Konawe, Kompol Jajang Kiswara, A.Md sebagai tim juri dalam lomba tersebut mengatakan bahwa dalam menjaga keamanan di Kabupaten Konawe tidak bisa hanya mengandalkan dari pihak kepolisian saja.

Menurutnya, peranan masyarakat sangat penting dalam menjaga Kamtibmas di wilayah tempat tingal masing-masing. Untuk itu, salah satu cara kepolisian dalam sinergitas keamanan, dengan meningkatkan keikut sertaan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

“Target penilaian Lomba Pos Kamling bukan semata-mata mencari juara atau pemenang, namun untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait dengan keamanan lingkungan masing-masing melaui Pos Kamling,” kata Kompol Jajang Kiswara dalam sambutannya, Senin (24/6/2019).

Di tempat yang sama, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Onembute, Iptu Muh. Arman, SH, berharap agar Desa Trimulya mendapat juara Lomba Pos Kambling.

“Harapan, semoga bisa jadi juara dan mewakili ke Polda Sultra,” harap Kapolsek Onembute.

Tim penilai Lomba Pos Kamling dipimpin oleh Wakapolres Konawe, Kompol Jajang Kiswara bersama Kepala Satuan (Kasat) Pembinaan Masayarakat (Binmas), Iptu Sampara, Kanit Binpolmas, Aipda Suleman dan Aipda Ketut Sirya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.