Presiden Jokowi Bagikan 2010 Sertifikat untuk Warga Sultra

WartaSultraID—Usai membuka kegiatan jalan sehat di eks-MTQ Kendari, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), melanjutkan agenda kunjungan kerja di GOR (gelanggang olahraga) Bahteramas guna membagikan sertifikat tanah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa ada 2010 sertifikat yang diserahkan untuk warga. Sebagai bukti adanya penyerahan sertifikat, Jokowi meminta kepada semua warga untuk memperlihatkan sertifikat yang telah diterima.

“Artinya sudah terima, bapak ibu pegang, jangan-jangan kalau saya tidak cek seperti ini, hanya yang maju ke depan saja yang terima sertifikatnya. Maka harus diangkat semaunya,” ujar Joko Widodo, Sabtu (2/3/2019).

Jokowi mengatakan bahwa seharusnya yang sudah terbit sebanyak 126 juta sertifikat, namun sampai tahun 2015 baru 46 juta. Berarti, lanjutnya, kurang 80 juta yang belum bersertifikat.

“Bapak ibu sekalian berarti beruntung sudah pegang tanda bukti hak hukum atas tanah,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dalam setiap tahun pemerintah hanya memproduksi sertifikat sebanyak 500 ribu. Sehingga jika kekurangan sebanyak 80 juta yang belum tersertifikat, maka warga harus menunggu selama 160 tahun untuk mendapatkan sertifikat.

“Untuk itu, saya telah memerintahkan bahwa di tahun 2016 dilakukan sertifikat tanah, jangan dilama-lamain. Tahun 2017, dimana sebelumnya yang keluar 500 ribu, telah mencapai lima juta sertifikat. Dan tahun 2018, saya beri target tujuh juta, terealisasi sebanyak 9,3 juta,” pungkasnya. (*WS)