Puluhan Rumah Warga di Desa Puuwanggudu Terendam Banjir

WartaSultraID—Hujan yang melanda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami banjir. Seperti halnya dengan di Kabupaten Konawe Utara (Konut), sejumlah desa di kabupaten tersebut terendam banjir.

Salah satu desa yang mengalami banjir yakni di Desa Puuwanggudu, puluhan warga di desa tersebut harus merelakan rumah mereka dialiri banjir. Air yang mengalir begitu deras sehingga tidak sempat lagi menyelamatkan barang-barang mereka.

Namun, warga yang terkena dampak banjir tersebut bisa dibantu oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa), Kopda Imran Naim bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Desa Puuwanggudu.

Adi, S.Pd selaku Kepala Desa Puuwanggudu berharap ada bantuan khusus dari Pemerintah Daerah (Pemda) Konut untuk membantu puluhan korban banjir tersebut.

Ia katakan bahwa beberapa hari lalu, Pemda Konut memberikan bantuan berupa sembako. Namun bantuan tersebut tidak mencukupi untuk kebutuhan warga yang terkena dampak banjir.

“Dua hari lalu sudah ada bantuan dari Pemda Konut yang berupa mie instan, air mineral, dan beras,” kata Adi, Kamis (6/6/209).

Kepala Desa Puuwanggudu ini mengungkapkan bahwa beberapa tahun lalu sempat terjadi banjir, akan tetapi tidak separah tahun 2019.

“Tarjadi banjir tidak setiap tahun, pada tahun 2013 dan 2014 terjadi banjir, tapi tidak seperti ini banjirnya. Ini lebih parah banjir 2019,” jelas Adi.

Ia menambahkan, banjir tersebut terjadi sejak beberapa hari lalu. Adi mengatakan bahwa untuk tempat tidur, ia memanfaatkan dapur mereka agar bisa istrahat dan sebagian warga lainnya memilih mengungsi di rumah keluarga mereka yang tidak terkena banjir.

“Kami berharap kepada pemerintah untuk segera membangun drainase setinggi rumah. Karena di sini ada Kali Lasolo, makanya di kampung ini sering banjir,” pungkasnya.

Belum diketahui pasti jumlah korban yang terkena banjir, akan tetapi hingga saat ini, rumah warga masih terendam. (*WS)

Sumber foto: Praka Laode Ilham (Penrem 143/HO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.