Remaja Masjid Aljihad dan Karang Taruna 19 November Kolaka Bantu Korban Banjir Konawe

WartaSultraID—Setelah beberapa pekan di Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Konawe mengalami bencana banjir yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar dialami oleh hampir seluruh warga pada dua kabupaten tersebut.

Anggota remaja masjid serta karang taruna asal Kabupaten Kolaka ikut menggelar aksi peduli korban banjir dengan memberikan beberapa bantuan makanan, minuman serta kebutuhan pokok lainnya. Aksi peduli tersebut digelar di depan Kantor Lurah 19 November. Aksi peduli banjir ini dilaksanakan sejak tanggal 12 hingga 15 Juni 2019.

Dari aksi tersebut, anggota remaja masjid beserta Karang Taruna Kelurahan 19 November Kecamatan Wundulako berhasil mengumpulkan pakaian sebanyak dua belas karung, air mineral dua puluh dos, mie instan tujuh dos, makanan ringan satu dos, kebutuhan wanita dan popok satu dos, perlengkapan mandi satu dos dan satu karung beras.

Riswanto Bustam, A. Md yang merupakan Ketua Karang Taruna Kelurahan 19 November mengungkapkan, aksi yang dilakukan bersama Remaja Masjid Aljihad adalah tentang kemanusiaan, solidaritas, rasa kekeluargaan dalam satu “Wonua” Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kegiatan tersebut juga tidak lepas dari dukungan serta motivasi dari pemerintah setempat, serta dukungan TNI-Polri yaitu para Babinsa (Bintara Pembina Desa, red) dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, red),” ujarnya kepada Warta Sultra melalui sambungan telepon, Senin pagi (17/6/2019).

Ia katakan, bantuan tersebut untuk sementara dikumpulkan di rumah Rini Rahayu Daniarti salah satu anggota Adipura Grup Peduli Bencana Sultra yang berada di Jalan Abd. Silondae Nomor 62 Kelurahan Ambekairi, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe. Nantinya dari rumah tersebut semua bantuan dari Kolaka akan diteruskan kepada warga korban banjir menggunakan dua unit mobil.

“Sesuai info tadi melalui via telpon saudari Rini, tadi malam mereka sudah diskusi dengan pengurus di kediamannya. Saat ini, mereka terkendala di akses masuk ke Konawe Utara, tapi harapan mereka secepatnya akan disalurkan dan mungkin mereka juga akan bekerja sama dengan aparat untuk penyaluran ke sana nantinya,” jelas Riswanto.

Sementara itu, Rini Rahayu Daniarti, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler mengungkapkan bahwa bantuan untuk warga korban banjir di wilayah Konawe dan Konawe Utara pihaknya telah menerimanya dari para relawan Remaja Masjid Aljihad dan Karang Taruna Kelurahan 19 November.

“Bantuan logistik telah kami terima, sekarang berada di rumah saya. Selanjutnya akan kami salurkan, tetapi karena akses jalan ke wilayah Konut sangat sulit untuk dilalui, kami akan menyalurkan ke wilayah Kecamatan Latoma yang berada di Kabupaten Konawe. Penyaluran tersebut sebelumya telah kami konfirmasi kepada pihak pemberi bantuan dari Kolaka dan mereka menyetujui usulan tersebut,” jelas Rini Rahayu Daniarti.

Pihaknya berharap, bantuan logistik yang telah terkumpul akan diangkut menggunakan helikopter milik pemerintah ke Kecamatan Latoma. Sebab, wilayah tersebut merupakan wilayah yang akses jalannya tidak dapat dilalui sama sekali oleh kendaraan, karena jalan rusak parah setelah diterjang banjir.

Oleh sebab itu, penyaluran bantuan hanya dapat dilakukan lewat udara. Hari ini saya bersama kawan-kawan akan menemui pemerintah untuk proses penyaluran bantuan menggunakan helikopter tersebut, apakah pendistribusiannya kami bisa menitipkannya ke helikopter,” tuturnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.