Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari Menggelar Persami di Kabupaten Konsel

WartaSultraID—Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang digelar oleh Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari tahun 2019 kali ini bertempat di Desa Sindang Kasih, Kecamtan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Penerimaan Anggota Baru (PAB) Saka Wira Kartika yaitu sebanyak 73 orang.

Berita terkait: Menangkal Pergeseran Norma Bebas Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

Dari 73 orang tersebut, berasal dari tiga wilayah diataranya Kota Kendari, Kabupaten Konsel, dan Kabupaten Konawe Utara (Konut). Selaku Pamong Saka yang bertugas yakni Kak F.I Marida asal Pamong Saka Kodim 1417/Kendari dan Kak Musdin asal Koramil 1417-08/Asera.

Ditemui di pelataran Perkemahan, Kak F.I Marida mengatakan bahwa para anggota baru yang berasal dari tiga wilayah tersebut akan mendapatkan pendidikan. Ada beberapa aktivitas yang akan diikuti oleh para anggota baru tersebut.

“Pada Jumat malam (12/4/2019) mereka yang baru masuk ini menerima materi pengenalan tentang Saka yang kami sajikan menggunakan proyektor. Setelah itu, mereka menerima materi mengenai wawasan kebangsaan,” ujar Kak F.I Marida kepada Warta Sultra, Sabtu (13/4/2019).

Ia katakan, setelah melaksanakan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan beberapa materi kegiatan seperti panjat jaring mendarat, rayapan tali satu, turun panjat tebing, dan terakhir penyeberangan basah.

“Setelah menyelesaikan semua materi tersebut di waktu sore, akan ada materi Krida penanggulangan bencana. Dimana, nantinya akan ada peragaan tentang bagaimana melakukan pertolongan kepada korban bencana. Setelah itu, dilanjutkan dengan game dan PBB (Pasukan Baris Berbaris, red),” jelasnya.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa, di akhir kegiatan yang diikuti oleh semua anggota Pramuka Saka Wira Kartik yang baru masuk tersebut, pada Sabtu malam (13/4/2019) akan diadakan pentas seni yang diikuti oleh setiap perwakilan dari masing-masing wilayah.

“Minggu pagi (14/4/2019, red) pukul 08.00 WITA, akan dilaksanakan upacara penutupan. Yang bertindak sebagai pimpinan upacara penutupan yaitu dari Pamong Saka Kota Kendari. Dimana, pada upacara pembukaan, dimpimpin oleh Pamong Saka asal Kabupaten Konut,” pungkasnya. (*WS)