Salah Satu Warga Desa Labungga Ditemukan Tewas Terbakar

WartaSultraID—Salah satu warga Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut) diduga bernama Haruddin Landuko (40) ditemukan terwas terbakar di salah satu rumah warga yang berada di Desa Laronanga.

Korban ditemukan warga telah hangus terbakar pada Kamis malam (7/6/2019). Saat itu, pemilik rumah sedang tidak ada dan hanya tinggal korban saat kejadian tersebut. Karena di Desa Laronanga terdampak banjir, untuk menerangi seisi rumah, warga memanfaatkan lilin sebagai penerangan saat malam.

Hasrin Landuko (41) selaku kakak korban mengatakan bahwa korban merupakan laki-laki yang kesehariannya bekerja sebagai buruh di salah satu perusahaan kelapa sawit di Konut.

Ia katakan, saat ditemukan, kondisi korban telah hangus dan tidak dapat dikenali lagi. Pihak keluarga yakin bahwa korban adalah Haruddin Landuko, karena setelah kejadian, korban tidak ditemukan di desa lagi. Oleh karena itu, keluarga menyimpulkan bahwa korban meninggal karena terbakar tersebut adalah Haruddin Landuko.

“Kami sekeluarga berharap, adik saya meninggal karena terbakar dan bukan ada sebab lain,” ujar Hasrin Landuko kepada Warta Sultra saat ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, Jumat sore (7/6/2019).

Sementara itu, Dokter Forensik, Kompol Dr. dr. Mauluddin, Sp. F., MH mengatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan kepada korban yaitu untuk menentukan apakah korban mengalami luka bakar intravital sewaktu korban masih hidup atau mengalami pos mortem (setelah kematian) saat korban sudah meninggal lalu terbakar.

“Kita akan tindak lanjuti dalam bentuk otopsi, sehingga keluarga maupun penyidik mendapatkan salah satu kepastian tentang penyebab kematian korban,” ungkapnya kepada sejumlah awak media saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya, pihak rumah sakit telah menerima surat persetujuan dan surat permintaan otopsi untuk selanjutnya akan segera dilakukan otopsi. Kompol Dr. dr. Mauluddin berharap, semoga dengan otopsi, semua bisa jelas mengapa korban meninggal.

“Kematian tidak wajar dalam kasus kebakaran rumah, tentu hal tersebut akan menimbulkan banyak pertanyaan. Dan itulah tugas dokter forensik untuk menjawab secara ilmiah dan dipertanggungjawabkan secara hukum,” jelasnya.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa setelah menunggu hampir dua jam, pihaknya mencocokkan foto semasa hidup dengan profil wajah tengkorak, bernama Hasruddin usia sekitar 40 tahun asal Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konut.

“Pada korban, ditemukan tanda-tanda luka bakar intravital derajat empat dengan luas permukaan 100 persen. Korban mengalami luka bakar saat masih hidup. Selain itu, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada daerah tulang,” tuturnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.