Sambut 1 Muharram 1441 H, Gema Islami Kendari Suarakan Pentingnya Pererat Persatuan

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah atau tepatnya 1 September 2019, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1417/Kendari dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Kendari menggelar Gema Islami yang digelar di Aula Serbaguna Makodim 1417/Kendari, Jum’at (30/8/2019).

Kegiatan tersebut diikuti Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Candra Kirana (KCK) cabang ” L” Kodim 1417/Kendari dan perwakilan majelis taklim yang ada di Kota Kendari. Peringatan 1 Muharram kali ini bertema “Tinggalkan Perbedaan dan Perpecahan menuju Persamaan dan Persatuan dalam Membingkai NKRI”.

Ketua BKMT, Hj. Masyuro, pada pembukaan acara menyampaikan bahwa acara Gema Islami merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggunya dan bekerjasama dengan LPP RRI.

“Hari ini merupakan hari yang istimewa menyambut hari 1 Muharram 1441 Hijriah. Melalui kegiatan ini kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujar Hj. Masyuro melalui siaran pers Penerangan Kodim (Pendim) 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Jumat (30/8/2019).

Sementara itu, Dandim 1417/Kendari dalam sambutannya juga mengungkapkan tentang pentingnya kegiatan Gema Islam, dimana majelis taklim merupakan tempat pengajaran atau pendidikan Agama Islam yang paling fleksibel dan tidak terikat waktu serta bersifat terbuka terhadap segala usia, lapisan atau strata sosial masyarakat ,sehingga keberadaannya dapat memberi manfaat untuk sesama.

Lebih lanjut, Ustadz DR. H. Syukrin Syamsuddin dalam ceramahnya menyampaikan bahwa pentingnya meninggalkan perbedaan dan perpecahan, menuju persamaan dan persatuan dalam membingkai NKRI. Dimana hal tersebut merupakan salah satu bentuk pengaplikasian nilai moral yang menjadi dasar bagi setiap insan muslim yang ada di Indonesia, khususnya di Sultra.

Acara kegiatan majelis taklim berlangsung secara hikmat dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Syukrin Syamsuddin.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 1417/Kendari, Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S.Sos, M.Si, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Hj. Masyuro, Kepala LPP RRI Said Abdillah, Ketua PKK Kota Kendari. Sri Lestari Sulkarnain, Ketua Persit cabang “L” Dim 1417/kendari, Anggota Persit KCK Cabang “L” jajaran Kodim 1417/Kendari, anggota PKK serta anggota majelis taklim Kota Kendari. (*WS)