Satgas TMMD 105 Adakan Penyuluhan HIV/AIDS di SMUN 1 Kulisusu Utara

WartaSultraID—Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 gencar memberikan penyuluhan HIV/AIDS kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) 1 Kulisusu Utara. Sebagai pemateri dalam penyuluhan HIV/AIDS ini dibawakan oleh Firmansyah, S.Kep dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara (Butur), pada Jum’at 26 Juli 2019.

Firmansyah menjelaskan bahwa HIV (human immunodeficiency virus) adalah suatu virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, virus ini bersemayam dalam cairan tubuh manusia seperti, darah, asi, cairan sperma dan vagina.

Saat manusia dikena HIV dalam waktu lima hingga sepuluh tahun, pasien biasa-biasa saja tampak sehat, tetapi pada masa ini, pasien sebenarnya sudah sakit dan sudah bisa menularkan virus kepada orang lain.

“Kemudian, AIDS (acquired immune deficiency syndrome) adalah suatu kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat hilangnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV. Pasien pengidap AIDS sangat sensitif tertular oleh berbagai macam penyakit, karena sistem kekebalan di dalam tubuhnya telah menurun,” ujar Firmansyah saat memberikan materi di Aula SMUN 1 Kulisusu Utara melalui pers rilis Penerangan Korem (Penrem) 143/HO yang diterima Warta Sultra, Sabtu (27/7/2019).

Sampai sekarang, lanjut Firmansyah, belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus AIDS. Sehingga, berdasarkan data hampiir semua penderita akan meninggal dalam waktu dua tahun setelah dinyatakan pasien terjangkit AIDS.

Menurutnya, penyakit HIV/AIDS ini dapat ditularkan hanya melalui hubungan sex (anal dan oral) dengan orang pengidap penyakit HIV melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik secara bergantian atau melalui ibu kepada anak saat dalam kandungan maupun proses bersalin. Dan HIV tidak ditularkan melalui jabat tangan, bersentuhan, ciuman, pelukan, menggunakan peralatan makan atau minum yang sama, gigitan nyamuk ataupun tinggal serumah.

“Adik-adik tidak perlu takut, penyakit ini bisa dicegah dengan cara tidak melakukan hubungan sex dengan orang yang mengidap virus HIV. Memiliki cinta kasih yang tulus kepada pasangannya dan tidak berpaling kepada wanita atau pria lain, tidak berganti ganti pasangan. Jika butuh transfusi darah, mintalah kepastian bahwa darah yang diterima bebas dari virus HIV,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.