Satgas Yonif 725/Woroagi Selesaikan Masalah KDRT yang Dialami Seorang Warga Perbatasan

WartaSultraID—Tidak hanya menjaga daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua New Guinea, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 725/Woroagi juga membantu kesulitan dan kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat baik dari rumah ke rumah atau melayani langsung di pos.

Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Kesehatan Pos Yuruf Satgas Yonif 725/Woroagi yang sedang memberikan pengobatan kepada seorang warga yang mengalami pendarahan akibat terkena pukulan benda tumpul pada bagian kepalanya.

Pada Kamis 18 April 2019 seorang warga Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom yang bernama Mince Koray mendatangi Pos Yuruf beserta anaknya dengan kondisi kepala yang berlumuran darah. Melihat hal tersebut Danpos Yuruf, Lettu Inf Herman langsung memberikan perawatan dan pengobatan terhadap luka yang dialami oleh Mince Koray.

Menurut pengakuan Mince Koray, kejadian tersebut dilatar belakangi adanya masalah keluarga yang mengakibatkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh sang suami terhadap Mince Koray. Oleh karena itu, bersama dengan seorang anaknya, Mince Koray mendatangi Pos Yuruf dan meminta pertolongan tentang masalah yang dialaminya.

Setelah Mince Koray diobati, Danpos Yuruf, Lettu Inf Herman bersama anggotanya kemudian mengantar Mince Koray kembali ke rumahnya sembari ingin bertemu dengan sang suami untuk memberikan arahan dan ketegasan kepadanya agar tidak mengulangi perbuatan yang dilakukannya terhadap isterinya.

“Dalam penyelesaian masalah tidak harus dengan kekerasan, apalagi terhadap keluarga sendiri, keluarga adalah pasangan hidup dunia akhirat tidak semestinya diperlakukan seperti ini. Kalau terulang lagi seperti ini, saya akan membawa bapak ke pihak yang berwenang,” kata Lettu Herman saat memberikan pencerahan untuk suami Mince Koray melalui pers rilis Dansatgas Yonif 725/Woroagi, Letkol Inf Hendry Ginting S, S.I.P yang diterima Warta Sultra, Kamis (18/4/2019).

Tindakan yang dilakukan oleh Danpos Yuruf Lettu Inf Herman tersebut diterima baik oleh suami Mince Koray, kemudian suami Mince Koraypun berjanji tidak akan mengulangi tindakannya. Apabila dilanggar maka iapun siap bertanggung jawab atas perbuatannya. Demikian Dansatgas Yonif 725/Woroagi mengakhiri rilisya. (*WS)