Satpol PP Koltim Tindak Rumah Makan yang Buka Saat Bulan Puasa

WartaSultraID—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terpaksa memberikan teguran dan menutup salah satu rumah makan di Kelurahan Rate-Rate yang ketahuan buka pada bulan ramadhan. 

Tindakan Satpol PP tersebut dilakukan sesuai surat himbauan Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah yang menegaskan bahwa restoran, rumah makan, warung kopi dan tempat jajanan umum tidak boleh buka di siang hari pada saat bulan puasa karena bisa mengganggu warga yang tengah melaksanakan ibadah puasanya. 

Penutupan rumah makan ini disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Koltim, Bastian. Ia mengatakan bahwa pemilik usaha beralasan jika dibukanya usaha warung tersebut untuk persiapan sore nanti. 

Meski telah memberikan alasan, pihaknya tetap meminta untuk menutup rumah makan tersebut, dengan syarat pintu rumah makannya agar dibuka setengah saja demikian dengan gorden jendela. 

“Saya kasih pengertian dengan santun, alhamdulillah direspon baik. Meskipun pemilik warung makan beralasan bahwa itu untuk persiapan sore hari, tetap saja hal tersebut tidak diperbolehkan, makanya kita kasi solusi agar dibuka setengah saja biar tidak repot kalau masuk sore,” ujarnya kepada Warta Sultra, Rabu (15/5/2019).

Sebenarnya, kata Bastian, himbauan tersebut tidak mewajibkan menutup usaha selama bulan ramadhan, akan tetapi untuk menghargai warga yang beribadah maka alangkah baiknya jika usaha kuliner ini ditutup pada siang hari.

“Himbauan bupati itu sebenarnya hanya sebagai pengingat saja. Sesungguhnya kalau kita ada kesadaran untuk saling menghargai, tanpa himbauan pun pasti bisa tertib dengan sendirinya. Namun saya tetap apresiasi dan terima kasih juga kepada pemilik rumah makan karena arahan kami dilaksanakan dengan baik. Semoga ke depannya tidak terjadi lagi hal hal seperti itu,” tutupnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.