Tari Modinggu Meriahkan Upacara Pembukaan HUT Konawe ke-59

WartaSultraIDTari Modinggu khas Suku Tolaki meriahkan Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-59. Upacara pembukaan kali ini yang berlangsung di Pelataran Kantor Bupati Konawe menampilkan nuansa yang berbeda dibandingkan perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Konawe, Kery Saipul Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, tampil menggunakan kostum Adat Suku Tolaki, diikuti dengan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, lurah dan kepala desa.

Tampil di momen HUT Kabupaten Konawe ke-59, Tari Modinggu ini menceritakan asal muasal Suku Tolaki sehingga tari tersebut dijadikan sebagai tarian khas tradisional Suku Tolaki.

https://www.youtube.com/watch?v=sfuxiTfnVOwhttps://www.youtube.com/watch?v=gDJh6WW6sNE

Sebelum proses Mondau (Pembersihan lahan) yang merupakan kebiasaan Suku Tolaki yang dirangkaikan dengan prosesi ‘Mosehe’ yaitu permohonan doa kepada yang maha kuasa agar mendapatkan berkah dan hasil panen yang melimpah.

“Orang tua kita Tolaki di zaman dulu di saat mau Mondau dimulai dengan Mosehe lalu mobendei (penebangan pohon), Moenggai (pembersihan ranting) lalu motasu (menanam benih),” ungkap Suriadi Penanggungjawab Tari Modinggu saat ditemui di lokasi kegiatan, Minggu (3/3/2019).

Berita terkait: Acara Mosehe Wonua Mengawali Upacara Pembukaan HUT Konawe ke-59

Tarian tersebut, lanjut Suriadi, sebagai gambaran bahwa pelaksanaan proses mondau (membuka ladang) hingga dengan mosowi (panen) sampai dengan umusa (menumbuk padi) dimainkanlah alat tumbuk padi sebagai ungkapan gembira dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas panen yang melimpah.

Tarian Mondinggu dipersembahkan oleh beberapa pelajar mewakili setiap sekolah yang ada di Kabupaten Konawe. sekolah tersebut yakni murid dari SMAN 1 Unaaha, SMAN 1 Amonggedo, SMN 1, 2 dan 3 Unaaha, serta MTsN 1 Konawe. Jumlahnya sekitar 200 pelajar termasuk dengan pemain musik. (*WS)

TOPIK PILIHAN




Acara Mosehe Wonua Mengawali Upacara Pembukaan HUT Konawe ke-59




Presiden Jokowi Bagikan 2010 Sertifikat untuk Warga Sultra




Dansatgas Pam VVIP: Kunker RI 1 di Sultra Berjalan Tertib,




Pengakuan Warga, 149 Warga Gunung Jati Menerima Sertifikat dari Jokowi




Lepas Jalan Sehat di Kendari, Jokowi Tidak Sebut Angka Dua




Kompak Mendesak KPK RI Memeriksa Buku Kas Umum Sekretariat DPRD