Tinjau Lokasi Cetak Sawah, Dandim 1417/Kendari Berharap Masyarakat Manfaatkan Lahan dengan Baik

WartaSultraID—Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1417/Kendari, Kolonel Kav. Hendi Suhendi, S.Sos., M. Si, pada Kamis 12 September 2019 meninjau lokasi cetak sawah seluas 37 hektar are yang sudah diolah petani Desa Pombulaa Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Saat meninjau lokasi cetak sawah, Dandim 1417/Kendari didampingi oleh Komandan Koramil (Danramil) 1417-11/Ranomeeto, Kapten Inf. Heriyanto. Hal ini dilakukan untuk mensinkronkan data yang sudah dipaparkan oleh para Danramil melalui rapat koordinasi yang berlangsung di Aula Makodim 1417/Kendari beberapa hari lalu.

Pada kesempatan itu, Kolonel Kav. Hendi Suhendi mengatakan bahwa program cetak sawah merupakan program pemerintah pusat, yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Produktivitas padi dan memanfaatkan lahan tidur yang ada menjadi terbuka dan meningkatkan nilai jual lahan yang ada.

“Dalam proses cetak sawah, tentunya harus memperhatikan jaringan irigrasi yang ada. Jangan sampai sawah yang dicetak tidak teraliri pasokan air yang cukup. Karena itu, sejak awal perencanaan, saluran irigasi untuk pengairan sawah harus terpenuhi,” ujar Dandim 1417/Kendari melalui pers rilis Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Kamis (12/9/2019).

Dandim berharap agar petani benar-benar memanfaatkan lahan cetak sawah yang dilakukan. Sebab, hal tersebut membantu para petani dan menciptakan swasembada pangan sesuai instruksi Presiden RI.

Sementara itu, Jafar selaku Kepala Desa Pombulaa Jaya mengungkapkan, pihaknya bersama masyarakat sangat terbantu dengan program cetak sawah baru yang dilakukan TNI-AD. Karena dengan cetak sawah baru jumlah sawah akan bertambah, sehigga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat petani.

“Lahan dan rawah yang selama ini tidak bermanfaat dengan adanya program cetak sawah pemerintah bekerjasama dengan TNI dapat menunjang dan mengangkat perekonomian masyarakat khususnya petani,” tuturnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.