TPM Pendidikan Fisika UHO Beri Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Guru SMKN

WartaSultraID—Seperti yang sudah diberikan sebelumnya bahwa Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari telah menggelar pelatihan pembuatan simulasi interaktif paket pembelajaran fisika berbasis spreadsheet excel dan bahasa pemrograman visual basic for applications (VBA).

Berita terkait: TPM FKIP UHO Beri Pelatihan Pembuatan Simulasi Interaktif Paket Pembelajaran Fisika

Usai pelaksanaan kegiatan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan Media pembelajaran berbasis web bagi guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Kendari dan SMKN 4 Kendari. Kegiatan tersebut bertempat di SMKN 6 Kendari, pada Sabtu 21 September 2019.

Abdin, S.Pd., M.T selaku pemateri dalam kegiatan menyampaikan bahwa media pembelajaran berbasis web ini merupakan media pembelajaran yang dikembangkan dan dijalankan dengan menggunakan teknologi situs web. Sehingga mampu menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk teks, gambar atau grafik dan video yang lebih menarik dibandingkan dengan materi pembelajaran cetak seperti modul atau buku teks.

“Oleh karena itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru-guru terutama pada guru IPA (Imu Pengetahuan Alam, red) yang ada di SMKN 6 dan SMAN 4 Kendari dalam bidang internet sebagai sarana untuk membangun media pembelajaran berbasis web,” ujar Abdin kepada Warta Sultra, Senin (23/9/2019).

Dosen Fisika FKIP UHO ini menambahkan, pada pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah penyampaian materi media pembelajaran secara umum, kemudian media pembelajaran IPA dan media pembelajaran berbasis web.

“Sementara bagian kedua adalah praktek membuat media berbasis web menggunakan google sites dan menyimpan untuk browsing offline menggunakan perangkat lunak, httracks,” tambahnya.

Evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan menyebarkan lembar respon pada peserta. Hasil lembar respon menunjukkan bahwa pelatihan tentang pelatihan pembelajaran berbasis web berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

“Hal ini diketahui dari respon peserta terhadap semua aspek masuk dalam kategori baik. Selain itu, antusias peserta dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan tergolong bagus. Peserta aktif melakukan latihan membuat media berbasis web,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak kurang lebih 30 guru IPA yang ada di SMKN 6 dan SMAN 4 Kendari. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.