Tumbuh Kembangkan IPTEK, PKMI-UHO Gelar Pelatihan Aplikasi Maple dan Latex untuk Guru SMA

WartaSultraID—Tumbuh kembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Tim Program Kemitraan Masyarakat Internal (PKMI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar pelatihan aplikasi maple dan latex untuk guru matematika dan fisika SMAN 2 dan SMAN 10 Kendari. Kegitan ini bertempat di Laboratorium Multimedia SMAN 2 Kendari.

Dari pantauan Warta Sultra di tempat, acara tersebut diikuti sebanyak kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari gabungan guru matematika dan fisika SMA N 4 dan SMAN 10 Kendari. Kegiatan diketuai oleh Rahmat, S.Pd.,M.Pd., sekaligus sebagai pemateri pelatihan dan dianggotai oleh Sayahdin Alfat, S.Pd.,M.Sc.,M.Si. dan Abdin, S.Pd., M.T,. Adapun materi yang diberikan berupa teori dan praktek sintaks-sintaks software maple dan latex yang meliputi operasi aritmetika turunan, integral, matrik dan menggambar grafik fungsi.

Rahmat menyampaikan bahwa matematika maupun fisika merupakan alat bantu untuk menguasai IPTEK. Tetapi hingga saat ini, bidang tersebut bagi sebagian besar siswa sekolah menengah atas merupakan salah satu pelajaran yang ditakuti dan kurang diminati, hal ini terlihat dengan rendahnya rata-rata nilai ujian nasional.

“Untuk itu, subyek ini dengan semakin menjamurnya komputer dan tersedianya paket software matematika, kiranya perlu dimanfaatkan untuk menunjang dalam penyajian dan pengajaran matematika. Agar siswa tertarik dan menyukai matematika maupun fisika,” ujar Rahmat kepada Warta Sultra usai kegiatan, Sabtu (9/11/2019).

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru-guru sekolah menengah atas di Kota Kendari, mengenalkan aplikasi penulisan dokumen yang mendukung penulisan ekspresi matematika dan fisika yang profesional, dan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dokumen yang memuat ekspresi matematika dengan menggunakan latex (sistem penyiapan dokumen) yang mendukung proses pembelajaran.

“Pada pelatihan ini, kami hanya memaparkan apa itu software maple dan latex, bagaimana penggunaannya dan apa kelebihan dan kekurangan software ini sebagai sarana penulisan bahan ajar matematika maupun fisika, yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung bagaimana penggunaan software tersebut,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa aplikasi maple merupakan salah satu dari beberapa software (perangkat lunak) yang merupakan aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan bidang matematika, statistika dan komputasi aljabar. Sedangkan aplikasi latex merupakan perangkat lunak untuk menuliskan dokumen secara terstruktur yang memuat ekspresi matematika secara profesional.

“Oleh karena itu, diharapkan guru-guru yang telibat dalam kegiatan ini dapat memperoleh pengetahuan tentang aplikasi penulisan dokumen ilmiah dan memperoleh keterampilan dalam membuat dokumen yang memuat ekspresi matematika maupun fisika yang mendukung proses pembelajaran,” harap Rahmat.

Di tempat yang sama, Faharuddin Mustari, S.Pd.,M.Pd., merupakan salah satu guru SMAN 2 Kendari dan juga salah satu peserta kegiatan menambahkan bahwa menurutnya, kegiatan pelatihan ini sangat membantu utamanya pada guru-guru matematika maupun fisika dalam proses pembelajaran, terutama penggunaan aplikasi maple dan latex dalam menuliskan rumus-rumus matematika yang kemungkinan sebelumnya cukup sulit untuk dijelaskan secara lisan. Maka dengan bantuan aplikasi ini, maka rumusan matematika dapat dijelaskan secara mudah dan gampang dimengerti.

“Kami sangat berterimakasih banyak kepada Tim Pengabdian Masyarakat UHO yang telah memberikan pelatihan ini terhadap guru-guru. Dengan adanya pelatihan ini, guru-guru dapat menjadikan aplikasi maple dan latex ini sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas belajar siswa utamanya pada bidang matematika dan fisika,” tuturnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.