UMK Sediakan Sejumlah Beasiswa untuk Mahasiswa yang Tidak Mampu

WartaSultraID—Bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) menyediakan sejumlah beasiswa. Beasiswa di UMK dibagi menjadi dua jalur, diantaranya Beasiswa Hafidz Qur’an dan Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (BIDIKMISI).

Baca juga: Calon Maba Lulusan Tahun 2012 Masih Bisa Kuliah di UMK

Hal tersebut disampaikan oleh Ahmad, SPd.I selaku Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UMK. Ia katakan bahwa bagi para mahasiswa baru (maba) yang mengikuti jalur Beasiswa Hafidz Qur’an, syarat yang harus dipenuhi yaitu salah satunya adalah menghafal qur’an sebanyak 30 juz.

“Bagi calon maba yang mampu menghafal sampai dengan 30 juz, maka dirinya akan mendapat beasiswa sampai dengan delapan semester. Dan bagi penghafal 15 sampai 20 juz, akan mendapatkan beasiswa sampai dengan lima semester,” jelas Ahmad kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (21/6/2019).

Untuk Beasiswa BIDIKMISI, lanjut Ahmad, BIDIKMISI di universitas negeri berbeda dengan swasta, hal tersebut terlihat pada penetapan kuota. Di universitas negeri, penetapan kuota ditentukan jauh-jauh hari oleh kementerian dan untuk swasta ditentukan oleh lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah sembilan sulawesi.

“Pemberian kuota di universitas swasta untuk Beasiswa BIDIKMISI oleh lembaga tersebut saat proses perkuliahan, beda dengan yang di negeri. Untuk kuota BIDIKMISI sebelumnya, hampir 20. Semoga berikutnya akan lebih dari kuota sebelumnya, karena kita sudah punya keunggulan yaitu di akreditasi B untuk di perguruan tinggi,” paparnya.

Ia menambahkan, selain BIDIKMISI, pihak UMK juga menerima bantuan beasiswa dari pemerintah daerah (Pemda), seperti halnya dengan Pemda Bombana. Pemda Bombana sendiri pada tahun 2018 memberikan sepuluh kuota beasiswa.

“Bila dalam perjalanannya, mahasisawa tidak memenuhi minimal nilai yang ditentukan yaitu 3,0 tiap semesternya, maka penerima beasiswa akan didiskualifikasi. Dan untuk seleksi penerimaan beasiswa tersebut dilakukan oleh Pemda Bombana,” pungkasnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.