Untuk Pertama Kalinya Kendari Menggelar Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat SMP

WartaSultraID—-Upacara pembukaan Lomba Regu Pramuka Penggalang Berprestasi Tingkat SMP se-Kota Kendari berlangsung di Lapangan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kendari Bidang Bina Muda, Dra. Sartini Sarita, M.Pd yang juga dihadiri Ketua Panitia M. Fauzi, S.Pd., M.Pd, dan Ketua Tim Juri Lomba, Pelda F.I. Marida.

Pada kesempatan tersebut, Sartini Sarita mengungkapkan bahwa kegiatan Lomba Regu Pramuka Penggalang Berprestasi Tingkat SMP ini merupakan yang pertama kali digelar, semoga melalui lomba ini, diperoleh penggalang yang terampil dan juga handal.

“Sesuai tema lomba yaitu Penggalang Berprestasi, Diharapkan agar Peserta Menjunjung Tinggi Sportivitas dan Semangat Tinggi,” ujar Wakil Ketua Kwarcab Bidang Bina Muda melalui pers rilis Penerangan Penerangan Kodim 1417/Kendari yang diterima Warta Sultra, Kamis (29/8/2019).

Sementara itu, F.I. Marida menjelaskan bahwa Lomba Regu Pramuka Penggalang yang diikuti 16 sekolah tingkat SMP dengan 32 regu akan berlangsung selama lima hari, dimulai dari tanggal 28 Agustus hingga 1 September 2019. Dalam perlombaan tersebut akan ada 11 materi yang akan diperlombakan, diantaranya yaitu latihan keterampilan baris berbaris (LKBB), melukis, yel-yel, aplikasi permainan, morse, peta topografi, pionering, sandi, panorama, bivak, dan roket air.

“Lomba tingkat penggalang menjadi stimulan dan memotivasi Pramuka penggalang dan pembina Pramuka dalam upaya meningkatkan kualitas dan mengevaluasi diri untuk mencapai prestasi terbaik serta sebagai sarana melatih keberanian, kemandirian, kerjasama team, disiplin dan mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata kelak yang penuh kompetisi,” jelas Ketua Tim Juri Lomba tersebut

Lebih lanjut Marida mengatakan, penilaian akan dilakukan secara spontanitas. Kendati demikian, di samping meminta peserta dalam tampil berprestasi, dirinya juga mengarahkan agar peserta menjaga faktor keamanan serta tidak menyia-nyiakan waktu istrahat, waktu sholat dan sebagainya.

Lomba Regu Pramuka Penggalang Berprestasi Tingkat SMP se-Kota Kendari ditandai dengan penyerahan piala bergilir oleh Wakil Ketua Kwarcab Kota Kendari Bidang Bina Muda, Dra. Sartini Sarita, M.Pd kepada Ketua Panitia M. Fauzi, S.Pd., M.Pd dilanjutkan kepada Ketua Tim Juri Lomba, Pelda F.I. Marida.

Untuk diketahui, Lomba Regu Penggalang Tingkat SMP se-Kota Kendari ini akan berlangsung di dua tempat berbeda yakni di lapangan SMP Kartika dan di lapangan Makodim 1417/Kendari. Demikian Penerangan Kodim mengakhiri rilisnya. (*WS)